Studi Eksperimen dan Numerik Karakteristik Separation Bubble dari Aliran Dua Dimensi Melintasi Thick Plate–Rounded Leading Edge (r/t = 0.2) Dengan Pengaruh Reynolds Number dan Panjang Aksial

Wafa, Ahmad Ali (2020) Studi Eksperimen dan Numerik Karakteristik Separation Bubble dari Aliran Dua Dimensi Melintasi Thick Plate–Rounded Leading Edge (r/t = 0.2) Dengan Pengaruh Reynolds Number dan Panjang Aksial. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111540000089-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02111540000089-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi membuat Engineer di dunia berusaha menciptakan kendaraan dengan performa yang optimal. Hal tersebut salah satunya dapat dicapai dengan penggunaan desain bodi aerodinamis sebagai upaya mereduksi gaya drag pada kendaraan. Terjadinya reduksi gaya drag akan mengurangi energi yang hilang sehingga konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi semakin efisien. Salah satu metode untuk mereduksi drag adalah dengan memundurkan titik separasinya dengan cara mempercepat transisi boundary layer dari laminar ke turbulen. Aliran turbulen memiliki momentum yang lebih besar sehingga mampu melawan adverse pressure lebih lama dan memundurkan titik separasi lebih jauh. Bubble Separation terbentuk sebagai hasil dari aliran yang terseparasi kemudian attach. Penelitian mengenai kombinasi pengaruh dynamic force aliran yang direpresentasikan oleh Reynolds number pada bentuk leading edge tertentu serta panjang bidang tumpu aliran hampir tidak pernah dikemukakan. Penambahan panjang bidang tumpu aliran di belakang leading edge diduga dapat memperbesar kesempatan aliran untuk attach. Fenomena ini sangat menarik untuk diteliti lebih jauh karena dengan mempercepat reattachment akan memundurkan separasi massive di belakangnya.
==================================================================================================================
The advance of technological development make engineers try to create an optimum-performance vehicle. One of the attempt is designing an aerodynamical body as way to reduce drag force. A reduction in drag force will reduce the energy lost in order to reduce usage of fossil fuel due to increase efficiency. One of the method to reduce drag force is narrowing wake area in a massive separation on downstream area. This condition can be achieved by shorten separation bubble in order to change incoming laminar freeflow into a high-energy turbulent flow. Research on variation in Reynolds number or the shape of leading edge has been widely conducted. But research about the collaboration of synamic forces represented by elative number on the leading edge shape and some flow-support plate has neer been conducted. The addition of flow-support axial plate behind leading edge apparently can increase flow’s chance to reattach. This phenomenon is very interesting to be discussed because reduced reattachment point will increase flow’s energy and momentum in order to narrowing wake area on downstream.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: bubble separation, reduksi gaya drag, transisi boundary layer, panjang bidang tumpu aliran
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521 Aerodynamics, Hypersonic.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wafa Ahmad Ali
Date Deposited: 25 Aug 2020 13:17
Last Modified: 18 Nov 2023 15:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79881

Actions (login required)

View Item View Item