Rahayu, Rangga Try (2020) Perancangan Kondensor Thermoelectric Cooler Untuk Kebutuhan Air Tawar Dengan Memanfaatkan Udara Buang Dari Sistem Ventilasi Palka Di Kapal Pelayaran Rakyat. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04211640000002_Undergraduate_Thesis.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kapal Pelra merupakan sarana angkutan barang dengan komoditas berupa sembako untuk menjangkau pulau dan daerah terpencil. Kapal pelra merupakan kapal tradisional yang tidak memiliki sistem ventilasi untuk menjaga komoditasnya sehingga dapat mempengaruhi nilai dan kualitas dari komoditas yang diangkut. Disamping itu, persediaan air tawar yang dapat dikonsumsi di kapal juga terbatas, terlebih lagi jika terjadi cuaca buruk saat berlayar sehingga membuat lama durasi pelayaran menjadi bertambah. Tujuan Tugas Akhir ini adalah merencanakan kondensor thermoelectric cooler untuk menghasilkan air tawar pada sistem ventilasi di kapal pelayaran rakyat, prinsip kerjanya yaitu dengan cara memanfaatkan udara buang yang mengandung uap air dari rotor dessicant pada sistem pengkondisian udara untuk dikondensasi sehingga berubah fase dari gas menjadi cair. Dari hasil penelitian yang memvariasikan jumlah thermoelectric yang digunakan dan kecepatan aliran udara masuk, didapatkan hasil kondensasi terbaik yaitu 26 mL/h dengan menggunakan 3 thermoelectric pada kecepatan aliran udara 1 m/s. Efisiensi model dari alat ini yaitu 41,7 %. Dengan pemasangan sebanyak 5 set alat ini akan menghasilkan 3,12 L/h. Jika diaplikasikan pada kapal pelra 100 GT dengan jumlah crew 8 orang, dengan kebutuhan air minum setiap orang 2L/hari, maka dengan alat tersebut dapat memenuhi kebutuhan air tawar yang dapat dikonsumsi sebesar 19,5% dari total kebutuhan air minum di kapal pelra.
==================================================================================================================
Pelra vessels means of transporting goods with commodities in the form of basic food to reach islands. Pelra is a traditional ship that does not have a ventilation system to maintain its commodities so that they can affect the value and quality of the commodity being transported. In addition, the supply of fresh water that can be consumed on ships is also limited, especially if bad weather occurs while sailing, making the long duration of the sailling increases. The purpose of this final project is to plan a condenser thermoelectric cooler to produce fresh water in a ventilation system on a pelra vessel, the working principle is to utilize exhaust air containing water vapor from the rotor dessicant in the air conditioning system to be condensed so that the phase changes from gas to liquid. From the results of the study which varied the amount of thermoelectric used and the speed of the inlet air flow, the best condensation results obtained were 26 mL/h by using 3 thermoelectric at the 1 m/s air flow velocity. The model efficiency of this model is 41.7%. By installing 5 sets of these models will produce 3.12 L/h. If applied to a 100 GT pelra ship with total a crew is 8 people and one person needs drinking water 2L/day, so that with the model can supply fresh water can be consumed as much as 19.5% of the total drinking water needs on the pelra vessel.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fresh Water,Thermoelectric cooler, Pelra Vessel, Air Tawar, Kapal Pelayaran Rakyat |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM485 Cold storage on ships. Marine refrigeration. |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Rangga Try Rahayu |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 07:20 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 07:02 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/79941 |
Actions (login required)
View Item |