Optimasi Biaya Penggantian Pada Ban Alat Berat Pertambangan Dengan Metode Goal Programming Di PT. Vale Indonesia

Wibowo, Dwinda Suryo (2020) Optimasi Biaya Penggantian Pada Ban Alat Berat Pertambangan Dengan Metode Goal Programming Di PT. Vale Indonesia. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411850077045-Master-Thesis.pdf]
Preview
Text
02411850077045-Master-Thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ban merupakan salah satu ground engaging tool yang memiliki porsi besar dalam biaya pemeliharaan alat berat pertambangan di PT. Vale Indonesia. Sebesar 24% dari total anggaran biaya part yang dialokasikan untuk pemeliharaan alat berat tambang, 16% di dalam nya merupakan alokasi anggaran biaya untuk pemeliharaan ban. Bila ditelaah lebih lanjut, 70% dari total anggaran biaya pemeliharaan ban yang ada dialokasikan untuk ban ukuran 27.00 R49 yang digunakan pada hauling truck 100 Ton yang mengangkut material galian tambang. Tentunya seiring dengan persaingan di dunia bisnis pertambangan, perusahaan dituntut untuk mengeluarkan biaya yang optimum di berbagai sisi, salah satunya di bidang pemeliharaan ban. Studi yang dilakukan adalah untuk melakukan kajian terhadap umur pakai ban dan kaitannya dengan pencapaian target jam operasi unit hauling truck 100 Ton, optimasi biaya pemeliharaan ban, dan pencapaian minimasi down time unit truk. Tujuan yang akan dicapai dalam studi yang dilakukan adalah minimasi biaya pemeliharaan ban dengan optimasi umur pakai ban dan meningkatkan physical availability. Adanya target yang harus dicapai dari setiap tujuan yang telah ditetapkan seperti 2% batasan maksimum down time karena kerusakan ban, target cost reduction sebesar 9% untuk biaya pemeliharaan, serta total running hours yang harus dipenuhi oleh ban yaitu 3,418,878.78 jam menjadikan permodelan goal programming merupakan metode yang tepat dalam penyelesaian permasalahan ini.
Hasil studi optimasi didapatkan bahwa dengan mengatur komposisi penggunaan tiga tipe ban yaitu 80% ban baru, 15% ban vulkanisir dan 5% ban sewa, dengan target umur pakai untuk ban baru 5,909 jam, ban vulkanisir 2,501 jam, dan ban sewa 2,200 jam, maka dapat memenuhi target penurunan biaya pemeliharaan ban sebesar 9%, serta menurunkan angka down time sebesar 7%, sehingga physical availability ban naik 0,14% dari angka 98% menjadi 98.14% dengan target running hours operasional yang tercapai di angka 3,418,878.30 jam.
=====================================================================================
Tires are one of the ground engaging tools that have a large portion of the costs of maintaining mining heavy equipment at PT. Vale Indonesia. 24% of the total part cost budget allocated for the maintenance of mining heavy equipment, 16% in it is the budget allocation for tire maintenance. If examined further, 70% of the total tire maintenance budget allocated for 27.00 R49 tires are used for 100 Ton hauling trucks that transport mining materials. In line with competition in the mining business, companies are required to spend optimum cost. The objectives to be achieved in the study conducted are minimize tire maintenance costs by optimizing tire life and increase physical availability. The goal targets that must be achieved are consist of the maximum limit of downtime due to tire damage, cost reduction target for tire maintenance costs, as well as the total running hours that must be met by the tire, make goal programming modeling is an appropriate method in solving this problem. Optimization study results found that by regulating the composition of the use of three types of tires, namely 80% new tires, 15% retread tires, and 5% rental tires, with a target lifetime for new tires 5,909 hours, retread tires 2,501 hours, and tire rental 2,200 hours, able to meet the target of reducing tire maintenance costs by 9%, as well as reducing the downtime rate by 7% so that tire physical availability increased 0.14% from 98% to 98.14% with operational running hours targets achieved at 3,418,878.30 hours. The results of the optimization research found that by setting the composition of the use of three types of tires, namely new tires, retread tires and rental tires, with a lifetime target according to the results of the mathematical model calculated, then the three objectives set can be achieved.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Goal programming, preemptive, umur ban OHT, biaya ban OHT,OHT tire life, OHT tire cost
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.6 Operations research--Mathematics. Goal programming
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Dwinda Suryo Wibowo
Date Deposited: 20 Aug 2020 12:41
Last Modified: 01 Nov 2023 02:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79958

Actions (login required)

View Item View Item