Analisa Hambatan Dan Efek Diving Pada Kapal Monohull Pelat Datar Dan Kapal Konvensional (Streamline)

Ricinsi, Fitricia Putri Rizki (2020) Analisa Hambatan Dan Efek Diving Pada Kapal Monohull Pelat Datar Dan Kapal Konvensional (Streamline). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04211640000003_Undergraduted_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian, pengembangan, dan inovasi banyak dilakukan dalam bidang perkapalan. Salah satu inovasi yang banyak diperbincangkan saat ini adalah kapal dengan pelat datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan hambatan pada kapal pelat datar dan kapal streamline, serta mengetahui ada tidaknya diving atau trim by bow pada kapal pelat datar maupun kapal streamline. Penelitian ini dilakukan menggunakan penyelesaian Computational Fluid Dynamic atau CFD dengan software Numeca Fine Marine pada masing-masing kapal dengan rentang kecepatan 5-10 knot. Hasil yang diperoleh dari simulasi menggunakan C-Wizard pada Numeca Fine Marine adalah hambatan kapal pelat datar lebih tinggi dibandingkan dengan kapal streamline dengan angka 11.618 kN pada kecepatan 5 knot dan 54.53 kN pada kecepatan 10 knot. Sedangkan untuk kapal streamline dengan displasemen yang sama didapatkan hasil 9.23 kN pada kecepatan 5 knot dan 49.96 kN pada kecepatan 10 knot dan pada kondisi WSA sama didapatkan hasil 9.397 kN untuk kecepatan 5 knot dan 49.788 kN untuk kecepatan 10 knot. Selanjutnya, efek diving menunjukkan hasil bahwa kapal pelat datar mengalami diving pada bagian haluan dengan angka 0.228 deg untuk kecepatan 5 knot dan 1.13 deg untuk kecepatan 10 knot. Sedangkan untuk kapal streamline mengalami trim by stern dengan angka -0.08 deg untuk kecepatan 5 knot dan -0.41 deg untuk kecepatan 10 knot. =================================================================================== Research, development, and innovation are mostly done in the shipping field. one of the most talked-about innovations today is flat plate vessels. This study aims to determine how the comparison of resistance on flat plate streamline vessels, and determine whether there is diving or trim by bow on flat plate vessels or streamline vessels. This research was conducted using Computational Fluid Dynamic or CFD settlement with C-Wizard Numeca Fine Marine software on each ship with a speed range of 5 knots - 10 knots. The results obtained from simulations using the C-Wizard on Numeca Fine Marine are, flat plate ship resistance is higher then streamline ship with numbers 11.618 kN at 5 knots and 54.53 kN at 10 knots. While at streamline vessels with similar displacement get 9.23 kN at 5 knots and 49.96 kN at 10 knots and for streamline vessels with similar WSA get 9.397 kN at 5 knots and 49.788 Kn at 10 knots. Furthermore, the diving effect shows the result that flat plate vessels are diving on the bow with number 0.228 deg for 5 knots and 1.13 deg for 10 knots. As streamlined vessels, the trim by stern number is -0.08 deg for 5 knots and -0.41 deg for 10 knots.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hambatan, diving, pelat datar, streamline, c-wizard, Resistance, diving, flat plate ship, steamline, c-wizard
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fitricia Putri Rizki Ricinsi
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:46
Last Modified: 27 Aug 2020 02:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80019

Actions (login required)

View Item View Item