ANALISIS PENGARUH JENIS FORMAT DAN KOMPOSISI WARNA LABEL TERHADAP USABILITAS TAMPILAN LABEL INFORMASI NILAI GIZI

Adinia, Cinta (2020) ANALISIS PENGARUH JENIS FORMAT DAN KOMPOSISI WARNA LABEL TERHADAP USABILITAS TAMPILAN LABEL INFORMASI NILAI GIZI. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411540000040 - Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02411540000040 - Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu nilai anjuran Kemenkes RI dalam sepuluh pedoman gizi seimbang, menyatakan bahwa perilaku membiasakan membaca label informasi nilai gizi pada kemasan pangan dapat mendukung pola hidup sehat dengan membantu konsumen dalam memilih pangan olahan sesuai kebutuhan gizi yang aman. Namun, berdasarkan bukti yang diperoleh dari berbagai riset menyatakan bahwa kebiasaan konsumen dalam membaca label informasi nilai gizi masih tergolong rendah. Menurut konsumen, informasi yang diberikan pada label informasi nilai gizi dianggap membingungkan, sehingga seringkali terjadi salah tafsir, dan menurunkan manfaat bagi konsumen dalam menentukan pilihan produk olahan. Maka dari itu untuk meningkatkan kemampuan konsumen dalam menerima dan memahami label informasi nilai gizi, dan untuk mendukung efektivitas anjuran Kemenkes RI terkait 10 pedoman gizi seimbang, penelitian terhadap format tampilan label informasi nilai gizi perlu dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak dari kombinasi karakteristik jenis format label, dan warna label terhadap usability responden dalam melihat sebuah label informasi nilai gizi pada kemasan produk. Terdapat 2 kelompok responden yang dijadikan responden dalam penelitian ini, yaitu responden dengan tingkat kemampuan literasi terhadap kesehatan tinggi dan responden dengan kemampuan literasi terhadap kesehatan rendah. Pengujian usability dilakukan dengan memberikan task kepada responden untuk setiap kombinasi tampilan label gizi yang diuji. Selain itu juga menggunakan kuesioner SUS dan kuesioner preferensi untuk mengetahui preferensi responden terhadap tampilan label informasi nilai gizi. Kemudian variabel dependen yang menjadi parameter dalam penelitian ini adalah response time dan number of error. Hasil pengujian menunjukkan faktor yang berpengaruh terhadap parameter pengujian usability tampilan label gizi adalah format label, warna label, dan tingkat kemampuan literasi responden terhadap kesehatan. Berdasarkan hasil pengujian usability dapat diketahui bahwa 3 dari 4 parameter pengujian menunjuk kombinasi tampilan label gizi dengan format tabular dan warna monokromatik sebagai tampilan yang terbaik diantara 5 kombinasi tampilan label lainnya. Maka dari itu tampilan label gizi terbaik berdasarkan nilai usability dimiliki oleh kombinasi label dengan format tabular dan warna monokromatik.

Kata Kunci: label informasi nilai gizi, usability, format label, komposisi warna

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: label informasi nilai gizi, usability, format label, komposisi warna nutrition fact label, usability, label format, color composition.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Cinta Adinia Islami Fatikha Sari
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:53
Last Modified: 15 Jun 2023 15:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80026

Actions (login required)

View Item View Item