Analisis Perbandingan Kemampuan Pendeteksian Crack Pada Material Stainless Steel 316L Dan Material Aluminium 5083 Variasi Frekuensi Pada Sambungan Las Dengan Metode Eddy Current Testing (ECT)

Nugraha, Brian Sandi Ardi (2020) Analisis Perbandingan Kemampuan Pendeteksian Crack Pada Material Stainless Steel 316L Dan Material Aluminium 5083 Variasi Frekuensi Pada Sambungan Las Dengan Metode Eddy Current Testing (ECT). Other thesis, Instiitut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111640000055-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04111640000055-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam bidang industri perkapalan, stainless steel 316L digunakan dalam konstruksi tangki ruang muat bahan kimia sedangkan aluminium 5083 digunakan dalam konstruksi tangki pada kapal aluminium. Adanya cacat las pada pengelasan merupakan hal yang dapat berakibat fatal karena akan mengakibatkan kebocoran pada tanki tersebut akibat korosi. Maka dari itu, diperlukan Non Destructive Testing (NDT) untuk mendeteksi adanya cacat di area bawah
permukaan material.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan sensitivitas dengan variasi frekuensi
terhadap pendeteksian material las stainless steel 316L dan Aluminium 5083 dengan ukuran 150 x 80 x 10 mm menggunakan metode Eddy Current Testing (ECT). Frekuensi probe yang
digunakan pada penelitian ini adalah 15 kHz, 30 kHz, 500 kHz, dan 650 kHz. Sambungan las pada stainless steel 316L menggunakan jenis butt joint dan akan diberi retak buatan di bagian weld metalnya.Hasil dari penelitian ini menunjukkan variasi frekuensi pada probe akan berpengaruh terhadap
dua hal yaitu ketinggian sinyal dan kemampuan kedalaman penembusan. Semakin besar frekuensi yang digunakan semakin tinggi juga sinyal indikasi retak yang muncul. Hal tersebut
dibuktikan adanya peningkatan tinggi sinyal indikasi suatu retak jika frekuensinya semakin tinggi juga demikian berlaku sebaliknya. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan
perbandingan sensitivitas dengan variasi frekuensi terhadap material stainless steel 316L dengan aluminium 5083 sehingga sensivitas pendeteksian dipengaruhi oleh nilai konduktivitas
dan nilai permeabilitas dari suatu material. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin kecil nilai konduktivitas dan nilai permeabilitas akan membuat sinyal indikasi semakin tinggi serta kedalaman penembusan semakin dalam dengan frekuensi yang sama.
========================================================
========================================================

In the shipping industry, 316L stainless steel is used in chemical cargo tank construction while aluminum 5083 is used in tank construction in aluminium ship. The existence of welding defects in welding is something that can be fatal because it will cause leakage in the tank due to corrosion. Therefore, Non-Destructive Testing (NDT) is needed to detect any defects in the subsurface area of the material.This study aims to determine the comparison of sensitivity with frequency variations to the detection of 316L stainless steel welding material and Aluminum 5083 with a size of 150 x 80 x 10 mm using the Eddy Current Testing (ECT) method. The frequency of the probes used in this study was 15 kHz, 30 kHz, 500 kHz, and 650 kHz. Welding joints on 316L stainless steel use a type of butt joint and will be given an artificial crack in the weld metal section.The results of this study indicate that variations in frequency on the probe will affect two things: signal height and depth of penetration capability. The greater the frequency used, the higher the signal for the crack indication that appears. This is evidenced by an increase in signal height indication of a crack if the frequency is higher and vice versa. Besides, this study also shows a comparison of sensitivity with frequency variations of 316L stainless steel material with 5083 aluminum so that frequency sensitivity is affected by the conductivity value and permeability value of a material. This can be proven by the smaller the conductivity value and the permeability value will make the indication signal higher and the depth of penetration

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aluminium, Eddy Current Frekuency, Eddy Current Testing, Non Destructive Testing, Stainless Steel 316L, Aluminium, Eddy Current Frequency, Eddy Current Testing, Non Destructive Testing, Stainless Steel 316L
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Brian Sandi Ardi Nugraha
Date Deposited: 24 Aug 2020 08:09
Last Modified: 06 Nov 2023 11:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80031

Actions (login required)

View Item View Item