Analisis Pengaruh Adiksi Dan Loyalitas Pada Online Mobile Games Terhadap Keinginan Untuk Melakukan Pembelian Di Dalam Game Menggunakan Metode Structural Equation Modeling

Nugroho, Muhammad Alif Septianda (2020) Analisis Pengaruh Adiksi Dan Loyalitas Pada Online Mobile Games Terhadap Keinginan Untuk Melakukan Pembelian Di Dalam Game Menggunakan Metode Structural Equation Modeling. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000116-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640000116-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Konteks: Pada industri game, akan terus terjadi perkembangan dari segi kualitas mengikuti perkembangan teknologi yang selalu terjadi secara cepat. Indonesia merupakan pasar yang menjanjikan bagi developer game, total pendapatan pada segmen mobile game mencapai angka 571 juta US Dollar pada tahun 2018 dengan rata-rata pendapatan dari setiap pengguna mobile games di Indonesia mencapai angka 14,55 US Dollar. Jumlah pengguna mobile games sebanyak 42.9 juta jiwa pada tahun 2019, dan data menunjukkan peningkatan hingga tahun 2023 di angka 61,8 juta pengguna. Data tersebut membuat para developer game bersaing dengan kompetitornya untuk meningkatkan intensi pembelian dari pelanggannya. Pada penelitian sebelumnya ditemukan bahwa adiksi dan loyalitas dapat mempengaruhi intensi pembelian.
Permasalahan: Sedikitnya penelitian yang membahas terkait pembelian dalam game dalam konteks online mobile game membuat kurangnya bukti terhadap pentingnya pendapatan yang dihasilkan melalui kategori pembelian fitur di dalam games menggunakan faktor yang dipengaruhi adiksi dan loyalitas.
Tujuan: Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk melakukan analisis terkait efek langsung dan tidak langsung dari variabel adiksi terhadap variabel purchase intention konsumen dalam melakukan pembelian fitur di dalam game. Dalam melakukan analisis efek tidak langsung, terdapat variabel loyalitas sebagai variabel mediasi.
Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian tugas akhir ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) di mana proses pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara online. Kemudian penelitian ini menggunakan confirmatory factor analysis untuk menguji model dan pengujian hipotesis menggunakan metode SEM untuk menguji semua hipotesis.
Hasil: Penelitian ini menghasilkan analisa hubungan variabel secara langsung dan tidak langsung yang mempengaruhi intensi pembelian seorang gamers untuk melakukan pembelian dalam game. Variabel yang di analisa untuk hubungan secara langsung yaitu variabel adiksi terhadap intensi pembelian, untuk hubungan tidak langsung melalui variabel mediasi yaitu variabel loyalitas dari variabel adiksi terhadap intensi pembelian.
Nilai Tambah: Nilai tambah pada penelitian kali ini yaitu memiliki kebaruan dalam mengidentifikasi peran dari adiksi dan loyalitas terhadap intensi pembeli dalam konteks online mobile games di Indonesia. Selain itu penelitian kali ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada developer game bahwa pembelian di dalam game merupakan pendapatan yang menguntungkan karena developer tidak perlu memproduksi barang secara fisik karena hanya dengan produk virtual dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan dapat meningkatkan pendapatan pada developer game.
=============================================
Context: In the gaming industry, there will be a continual developments in terms of quality that follows the rapid development of technology. Indonesia is a promising market for game developers, the total revenue in the mobile game segment reached 571 million US Dollars in 2018 with an average income of each mobile game user in Indonesia reaching 14.55 US Dollars. The number of mobile game users was 42.9 million in 2019, and the data showed an increase until 2023 with 61.8 million users. The data makes game developers compete with competitors to increase purchase intentions from their customers. Previous studies found addiction and loyalty can influence purchase intentions.
Problem: The small amount of research that deals with in-game purchases in the context of online mobile games makes the lack of evidence of the importance of income generated through the purchase of features in games using factors influenced by addiction and loyalty.
Objective: This final project research aims to conduct an analysis related to the direct and indirect effects of the addiction variable on the variable purchase intention of consumers in making in-game feature purchases. In analyzing indirect effects, there is a loyalty variable as a mediating variable.
Method: The method used in this thesis research is Structural Equation Modeling (SEM) where the data collection process is carried out by distributing questionnaires online. Then this study uses confirmatory factor analysis to test the model and hypothesis testing using the SEM method to address all hypotheses.
Results: This study resulted in an analysis of the relationship between variables, directly and indirectly, affecting the purchase intention of a gamer to make an in-game purchase. The variables analyzed for the direct relationship are the addiction variable to purchase intention, for the indirect relationship through the mediating variable, namely the loyalty variable of the addiction variable to the purchase intention.
Added Value: The added value in this research is having novelty in identifying the role of addiction and loyalty to buyer intentions in the context of online mobile games in Indonesia. Also, this research is expected to provide insight to game developers that in-game purchases are profitable income because developers don't need to physically produce goods because only with virtual products and establishing good relationships with customers can increase revenue for game developers.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Online Mobile Games, Game Addiction, Game Loyalty, In-app Purchase, Mobile Game Purchase
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Alif Septianda Nugroho
Date Deposited: 27 Aug 2020 05:54
Last Modified: 23 Jun 2023 07:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80141

Actions (login required)

View Item View Item