Perancangan Sistem K3 Pada Galanagan PT. Tambangan Raya Dengan Menggunakan Metode PHA

Lesmana, Andhika Wira (2020) Perancangan Sistem K3 Pada Galanagan PT. Tambangan Raya Dengan Menggunakan Metode PHA. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211640000107-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211640000107-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peningkatan perindustrian maritim di Indonesia membuat banyak galangan bersaing dalam melaksanakan sebuah proyek. Mulai dari kecepatan, mutu, dan biaya mereka sangat bersaing dalam 3 hal tersebut. Namun masih banyak galangan yang mengesampingkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang berdampak pada kesehatan dan keselamatan pekerja. Kecelakaan kerja dapat menimbulkan banyak kerugian, antara lain pekerja yang mengalami luka-luka, bahkan sampai kematian, dan juga dapat menurunkan produktivitas kerja dari galangan itu sendiri. PT. Tambangan Raya merupakan perusahaan yang terletak di Tanjung Perak Surabaya. Perusahaan ini menyediakan jasa reparasi kapal. Dalam kesehariannya, seringkali pekerjanya mengalami kecelakaan-kecelakaan kerja. Faktor-faktor dari penyebab kecelakaan tersebut dapat berasal dari pekerjanya itu sendiri, lingkungan kerjanya yang kurang aman, ataupun kekurangan dari aturan dan sistem yang berlaku pada perusahaan tersebut. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) beserta membantu galangan dengan merekomendasikan Standar Operasional Prosedur yang tepat untuk seluruh pegawai galangan.
Untuk meningkatkan keselamatan kerja pada suatu perusahaan, maka pertama-tama perlu diketahui bahya-bahaya yang terdapat dalam perusahaan tersebut. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi seluruh bahaya tersebut yaitu PHA (Preliminary Hazard Analysisi). Dibutuhkan beberapa input dalam pembuatannya design knowledge, hazard knowledge, PHL (Preliminary Hazard List), dan TLMs (Top Level Mishaps). Dengan digunakan metode PHA, maka bahaya-bahaya yang dalam perusahaan tersebut dapat diidentifikasi walaupun data perusahaan yang kurang lengkap dan tidak formal.
Rekomendasi yang dapat diusulkan adalah perlunya perusahaan dalam melakukan sertifikasi standar SMK3 secara berkala, melakukan sosialisasi dan pelatihan K3 secara rutin, dan upgrade SOP dan APD pada setiap tahapan kerja, sehinggan manajemen risiko K3 perusahaan dapat berjalan secara optimal.
========================================================================================================================
Increasing marindim in Indonesia makes a decent shipyard in making projects. Starting from the speed, quality, and cost they are very competitive in these 3 things. However, there are still many shipyards that exclude Occupational Safety and Health (OSH) which has an impact on the health and safety of workers. Work accidents can cause many losses, among other workers who are injured, even to death, and can also reduce the productivity of work from the shipyard itself. PT. Tambangan Raya is a company located in Tanjung Perak, Surabaya. This company provides ship repair services. In their daily lives, solving their workers in dealing with work accidents. Factors from the cause of the accident can come from the workers themselves, the environment that is less safe, or the lack of rules and systems that apply to the company. Therefore, this study discusses the implementation of Occupational Safety and Health (OSH).
To improve work safety in a company, it is first necessary to know the dangers inherent in the company. The method used to identify all these hazards is PHA (Preliminary Hazard Analysis). It takes some input in making design knowledge, hazard knowledge, PHL (Preliminary Hazard List), and TLMs (Top Level Mishaps). By using the PHA method, the hazards within the company can be identified even though company data is incomplete and informal.
Recommendations that can be suggested are the need for companies to carry out regular OSH Management certification standards, conduct routine OSH socialization and training, and improve SOPs and PPE at each stage of work, so that the company's OHS risk management can run optimally.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: K3 pada Galangan, Kecelakaan Kerja, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Keselamatan Kerja, Pekerja, Standar Operasional Prosedur, Peliminary Hazard Analysis, Occupational Accidents, Occupational Safety and Health, Work Safety, Workers, Standard Operating Procedure, Preliminary Hazard Analysis
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
V Naval Science > VK > VK200 Merchant marine--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Andhika Wira Lesmana
Date Deposited: 23 Aug 2020 02:55
Last Modified: 01 Nov 2023 00:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80238

Actions (login required)

View Item View Item