Analisis Pengaruh Beban Kerja Mental dan Work-Family Conflict Terhadap Kepuasan Kerja Selama Work From Home (WFH) Saat Pandemi COVID-19 (Studi Kasus: PT Industri Kereta Api (Persero))

Rahmawati, Kartika Dwi Yuniavita (2020) Analisis Pengaruh Beban Kerja Mental dan Work-Family Conflict Terhadap Kepuasan Kerja Selama Work From Home (WFH) Saat Pandemi COVID-19 (Studi Kasus: PT Industri Kereta Api (Persero)). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411640000054-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02411640000054-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Corona Virus Disease (COVID-19) telah menyebar ke seluruh negara di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Salah satu kebijakan untuk pencegahan penularan COVID-19, adalah bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Berdasarkan hasil kuesioner, sebanyak 54% sampel karyawan PT INKA (Persero) mengalami penurunan kepuasan kerja selama WFH. Kepuasan kerja selama WFH dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti beban kerja mental dan work-family conflict. Sebanyak 80% karyawan menyatakan beban kerja mental meningkat selama WFH dan beberapa karyawan merasa terjadi ketidakseimbangan peran antara pekerjaan dan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban kerja mental dan work-family conflict terhadap kepuasan kerja, dan pengaruh work-family conflict terhadap kepuasan kerja apabila dimoderasi oleh jenis kelamin dan usia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan program AMOS. Penilaian terhadap ketiga variabel tersebut dilakukan melalui kuesioner dan didapatkan 233 responden. Berdasarkan hasil pengolahan data, didapatkan beban kerja mental berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, work-family conflict berpengaruh negatif terhadap kepuasan kerja, serta jenis kelamin dan usia dapat memoderasi pengaruh work-family conflict terhadap kepuasan kerja. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, rekomendasi untuk PT INKA (Persero) diantaranya adalah memberikan insentif tambahan, memberikan job description secara proporsional dan sesuai kompetensi karyawan, serta pengaturan sistem kerja yang sesuai. Sedangkan, rekomendasi untuk karyawan diantaranya adalah harus menjaga profesionalitas kerja, meningkatkan dukungan sosial antar individu, dan mengelola emosi dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja Mental, Kepuasan Kerja, Mental Workload, Work-Family Conflict, Job Satisfaction, Work From Home, Structural Equation Modelling
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: KARTIKA DWI YUNIIAVITA RAHMAWATI
Date Deposited: 23 Aug 2020 03:42
Last Modified: 17 Mar 2023 00:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80275

Actions (login required)

View Item View Item