ANALISA EKONOMI DESAIN SISTEM DESALINASI REVERSE OSMOSIS (RO) DI WILAYAH PESISIR

Pratama, Rheza Fakhrezi (2020) ANALISA EKONOMI DESAIN SISTEM DESALINASI REVERSE OSMOSIS (RO) DI WILAYAH PESISIR. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 042116400000013-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
042116400000013-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peningkatan jumlah kebutuhan air bersih menjadikan air laut layak digunakan untuk sumber alternatif. Namun untuk membuat air laut dapat digunakan unutuk kehidupan sehari hari membutuhkan alat yang dapat memisahkan bahan bahan atau partikel partikel yang terkandung pada air laut. Teknologi desalinasi menggunakan membrane Reverse Osmosis (RO) mampu memisahkan kontaminan di dalam air laut yang diantaranya adalah partikel padat, kekeruhan, bakteri, virus, warna, senyawa organik dan padatan terlarut. Analisa Ekonomi dilakukan untuk mengetahui nilai ekonomis desain sistem desalinasi air laut dengan reverse osmosis (RO) untuk produksi air tawar bagi penyediaan air bersih bagi masyarakat sekitar wilayah pesisir.
Pada tugas akhir ini, sistem desalinasi Reverse Osmosis (RO) dirancang dengan kapasitas produksi air tawar sebesar 100 m3/hari untuk memenuhi konsumsi 1000 warga masyarakat pesisir. Analisa ekonomi ini menggunakan beberapa metode yaitu NPV, IRR dan Payback period. Pada perhitungan nilai NPV menggunakan suku bunga 12%-14% yang merupakan suku bunga rata-rata di Indonesia dan mendapatkan nilai positif. Untuk nilai IRR yang didapatkan pada perhitungan ini lebih besar dari suku Bunga pada deposito dan reksadana sehingga NPV dan IRR memberikan hasil bahwa instalasi ini layak untuk dibangun. Untuk laju pengembalian investasi dikembalikan dalam jangka waktu 4 tahun dengan pendapatan pertahun Rp. 45.395.871,00.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Economic Analysis, Desalination System, Reverse Osmosis, Freshwater,Analisa Ekonomi, Sistem Desalinasi, Reverse Osmosis, Air Tawar
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rheza Fakhrezi Pratama
Date Deposited: 23 Aug 2020 08:12
Last Modified: 30 May 2023 14:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80288

Actions (login required)

View Item View Item