PERANCANGAN CONCENTRATE RECIRCULATION PADA SISTEM MEMBRAN REVERSE OSMOSIS TIPE SPIRAL WOUND UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI AIR TAWAR

Djiwandono, Bangun (2020) PERANCANGAN CONCENTRATE RECIRCULATION PADA SISTEM MEMBRAN REVERSE OSMOSIS TIPE SPIRAL WOUND UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI AIR TAWAR. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Undergraduate Thesis_Bangun Djiwandono_04211640000016.pdf]
Preview
Text
Undergraduate Thesis_Bangun Djiwandono_04211640000016.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masyarakat di wilayah pesisir sering mengalami kekurangan air terutama air bersih karena selama ini fasilitas air bersih kurang memadai apalagi pada saat musim kemarau. Mereka harus berjalan dengan jarak yang jauh. Dengan sumber daya alam yang melimpah yakni air laut. Namun karena kadar salinitas air laut yang tinggi maka diperlukan sebuah metode non- konvensional untuk mengolah air tersebut agar menjadi air minum maupun air buat aktivitas sehari- hari seperti mandi dan mencuci. Dan air yang tidak bisa di proses akan dibuang langsung ke laut.
dengan membran berjenis spiral wound dengan memanfaatkan air buangan dari reverse osmosis dengan cara di sirkulasi kembali ke dalam sistem tersebut. Tujuan dari perancangan tersebut yaitu untuk mengurangi jumlah air konsentrat yang dibuang langsung ke laut. Dengan menggunakan membran reverse osmosis FilmTec BW60-1812-75 dengan kapasitas pengolahan maksimum pada membran yaitu 75 GPD . Air baku yang digunakan adalah air olahan yang menyerupai air payau yang berada di sumur warga di daerah pesisir pantai Kenjeran, Surabaya. Yaitu pada sistem concentrate recirculation menghasilkan air produk dengan jumlah 29,6 liter hingga 35,5 liter. Sedangkan sistem non- concentrate recirculation menghasilkan air produk dengan jumlah 28,2 liter hingga 30,2 liter. Namun, pada sistem concentrate recirculation menghasilkan kadar TDS yang lebih besar dibandingkan dengan non- concentrate recirculation. Kadar TDS air produk yang dihasilkan pada sistem concentrate recirculation yaitu 144 – 366 ppm sedangkan pada sistem non-concentrate recirulation menghasilkan air produk dengan kadar TDS yaitu 115 – 264 ppm. Sehingga menyebabkan kemampuan untuk melakukan rejeksi menjadi semakin kecil. Kemampuan rejeksi pada sistem concentrate recirculation yaitu sebesar 86,875 % hingga 94,472 %. Sedangkan pada sistem non- concentrate recirculation memiliki kemampuan rejeksi yaitu sebesar 91,890% hingga 95,878 %.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fresh Water, Concentrate Recirculation, Desalination, Spiral Wound Membrane, Reverse Osmosis. Air Tawar, Resirkulasi Konsentrat, Desalinasi, Membran Spiral Wound
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Depositing User: Bangun Djiwandono
Date Deposited: 23 Aug 2020 07:55
Last Modified: 30 May 2023 08:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80316

Actions (login required)

View Item View Item