Identifikasi Kerusakan Debonding Ramp Door Berbahan Sandwich Panel Pada Kapal Ro-Ro

Mualim, Fikri Indra (2020) Identifikasi Kerusakan Debonding Ramp Door Berbahan Sandwich Panel Pada Kapal Ro-Ro. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04111640000002-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi material mendorong beragam inovasi dalam bidang kemaritiman, khususnya perkapalan. Salah satunya adalah inovasi material sandwich sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas konstruksi kapal. Material sandwich dapat diterapkan pada berbagai bagian konstruksi kapal seperti ramp door. Sebagai bagian konstruksi yang sering mengalami pembebanan maka konstruksi ramp door harus dibuat dengan kekuatan yang baik tapi juga dengan berat konstruksi yang ringan untuk memudahkan operasionalnya. Sebagai material yang baru dikembangkan, material sandwich juga memiliki kekurangan salah satunya adalah lepasnya ikatan antara material core dan face plate atau dikenal dengan sebutan debonding. Kerusakan ini dapat mempengaruhi kekakuan struktur yang berdampak pada berkurangnya kekuatan ramp door. Pengaruh debonding dapat diidentifikasi dengan melakukan pengujian numerik menggunakan software berbasis elemen hingga. Pengujian ini bertujuan untuk mengidentifikasi respon dinamis yang terjadi pada ramp door akibat pengaruh dari kerusakan debonding yang terjadi. Penelitian ini menggunakan software berbasis elemen hingga dengan 2 metode yaitu static frequency untuk mengetahui frekuensi natural dari ramp door dan modal dynamics untuk mengetahui respon dinamis ramp door akibat diberikan pembebanan. Berdasarkan hasil pengujian dengan software berbasis elemen hingga menunjukkan bahwa kerusakan debonding menurunkan kekakuan struktur. Sedangkan untuk lokasi yang paling sensitif jika terjadi kerusakan terdapat pada bagian permukaan bawah core atas dengan penurunan frekuensi natural mencapai 28,058%. Didapatkan juga model optimal dengan konfigurasi face plate-core-face plate dengan ketebalan 5-15-3 mm dengan konfigurasi penegar melintang dan penegar memanjang masing-masing berjumlah 12 buah. Dari hasil penelitian diketahui bahwa besarnya pembebanan juga dapat mempengaruhi respon dinamis dari ramp door. Besarnya pembebanan dapat mengurangi kekuatan struktur ramp door hingga 159%. Semakin besar beban maka akan semakin besar respon dinamis yang terjadi pada ramp door.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: debonding, sandwich, frekuensi natural, modal dynamic, respon dinamis
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA355 Vibration.
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM381 Passenger ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fikri Indra Mualim
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:00
Last Modified: 31 Aug 2020 03:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80410

Actions (login required)

View Item View Item