Ferdiansyah, Syafri Octa (2020) Analisis Kestabilan Transien Pada Container Crane Dengan Suplai Energi Terbarukan Berbasis Simulasi. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04211640000017-Undergraduate_Thesis.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Beberapa pelabuhan di negara ASEAN saat ini mulai menerapkan konsep pelabuhan ramah lingkungan atau sering disebut dengan istilah green port. Pemanfaatan energi terbarukan seperti contohnya energi surya digunakan untuk menyuplai sistem kelistrikan yang ada di pelabuhan, salah satunya sistem kelistrikan container crane. Karena pemanfaatan energi terbarukan sebagai sumber listrik masih minim, sehingga masih belum pasti apakah pemanfataan energi terbarukan dapat mempengaruhi gangguan stabilitas pada sistem kelistrikan. Selain itu, kondisi di lapangan yang tidak menentu dapat menyebabkan gangguan kestabilan pada sistem kelistrikan. Gangguan ini disebut sebagai gangguan transien. Banyak hal yang dapat mempengaruhi kestabilan transien salah satunya apabila terjadi hubungan arus singkat (short circuit) yang dapat menyebabkan gangguan transien. Menggunakan metode simulasi dengan ETAP, dilakukan analisis kestabilan transien dengan menggunakan 2 sumber listrik yang berbeda yaitu PLN & generator dan photovoltaic (PV). Didapatkan bahwa penggunaan PV sebagai sumber menghasilkan kestabilan pada sistem kelistrikan container crane yang memenuhi standar. Respon tegangan pada setiap skenario menghasilkan hasil yang berbeda-beda. Studi kasus pada simulasi kestabilan transien yaitu dengan memberikan gangguan hubungan singkat di busbar terdekat motor di detik ke-1 hingga detik ke-1,15. Respon tegangan yang dihasilkan pada skenario motor gantry yaitu sebesar 94.5%. Sedangkan respon tegangan yang dihasilkan pada skenario motor boom yaitu sebesar 94.64%. Lalu pada skenario motor trolley respon tegangan yang dihasilkan sebesar 94.48%. Pada skenario motor hoist respon tegangan yang dihasilkan sebesar 94.51%. Adapun respon frekuensi yang dihasilkan oleh simulasi PV sebagai sumber listrik yaitu sebesar 100% pada semua skenario yang dibuat.
======================================================================================================================
Some ports on ASEAN are currently starting to apply environmentally friendly ports or usually called as Greenports. Solar as renewable energy is being utilized to supply for the electrical systems in ports, such as container cranes electrical system. Due to the mininum experience in this event, it is still uncertain whether the utilization of solar power can affect stability interference on the electrical system. In addition, uncertain real conditions can cause stability interference to the electrical system. This interference is called transient interference. Many things can affect transient stability, one of them is a short circuit that can affect transient interference. Using ETAP method simulation, transient stability analysis is performed with 2 different electrical sources, which are; PLN + Generator and Photovoltaic (PV). It was found that the use of PV as a source produces stability in the container crane electrical system meets the standards. The voltage response in each scenario produces different results. The study case on transient stability analysis is giving a short circuit interference in the closest busbar of the motor at the 1-1.15 seconds. The voltage response that produces on the gantry motor scenario is 94.5%. While the voltage response that produces on the boom motor scenario is 94.64%. Then on the trolley motor scenario, the resulting voltage response is 94.48%. In the hoist motor scenario, the resulting voltage response is 94.51%. The frequency response generated by the PV simulation as a source of electricity is 100% in all scenarios created.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Container Crane, Energi Surya, ETAP, Kestabilan Transien, Container Crane, Solar Energy, ETAP, Transient Stability |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Syafri Octa Ferdiansyah |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 04:50 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 16:26 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/80432 |
Actions (login required)
View Item |