Tri Astuti, Dhiannita (2020) Analisa Pengaruh Biaya Penanganan Jalan Terhadap Nilai Kemantapan Jalan Pada Studi Kasus Di Kabupaten Gresik. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
09211450023017-Master_Thesis.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Jalan merupakan sarana utama pendukung kelancaran transportasi orang, barang dan jasa. Penanganan jalan adalah pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan secara teknis pada jalan yang dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan guna mempertahankan fisik jalan beserta bangunan pendukung jalan dalam kondisi mantap. Dengan keterbatasan biaya, penanganan jalan haruslah dilaksanakan dengan efektif dan efisien, tetapi tidak mengurangi fungsi fisik dan kemantapan jalan dalam melayani masyarakat. Pada penelitian kali ini, kami akan membahas bagaimana meramalkan atau memprediksi sebuah perencanaan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan perencanaan biaya ke depan dalam kaitannya dengan nilai kemantapan jalan. Penelitian dilakukan untuk studi kasus di Kabupaten Gresik pada ruas jalan kabupaten yang dalam hal ini diwakili oleh 3 jalan utama dan dilakukan analisa peramalan kebutuhan biaya dan jenis penanganan jalan hingga 2 tahun kedepan dalam kaitannya terhadap nilai kemantapan jalan.
Analisa dilakukan dengan menggunakan data historis 5 tahun yang lalu hingga saat ini dan memproyeksikan ke masa depan melalui beberapa bentuk model matematis melalui pendekatan kuantitatif dengan model seri waktu (time series). Menganalisis serangkaian data yang merupakan fungsi dari waktu didasarkan pada data histori (data-data lampau) suatu variabel. Untuk pendekatan menggunakan seri waktu dilakukan dengan tahapan rata-rata bergerak (moving everages), penghalusan exponensial (exponensial smoothing) dan proyeksi trend (trend projection).
Variabel Lalu Lintas Harian (LHR), ketepatan penanganan dan anggaran biaya mempunyai pengaruh yang besar terhadap angka kondisi jalan di tahun depan. Penurunan kondisi mengakibatkan meningkatkan anggaran di tahun depannya dan menurunkan angka kemantapan jalan. Setelah peramalan, untuk nilai kemantapan rata-rata, tanpa ada penanganan tahun 2021 menjadi 71,62 % dan tahun 2022 angka kemantapan menjadi 66,91%. Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat menjadi masukan perencanaan kedepan, dan penentuan ketepatan penanganan sangat berpengaruh terhadap kemantapan jalan di Kabupaten Gresik.
================================================================================================
Road is a main means in supporting transportation of people, goods, and services. Activities of handling roads--including its development, improvement and maintenance--will be done continually in order to maintain the physical aspect of the roads alongside with the supporting buildings. In doing so, handling roads must be done in most effective and efficient way, in regards with the limited fundings, without reducing the physical function of the roads in serving the community. In this research, we are going to discuss on how to predict a plan to fulfil the future needs. The purpose of this research is to find a financial planning in relation with the firmness of the roads. This research is particularly conducted for the case study of three main roads in Kabupaten Gresik, together with analysing the future financial needs and the type of road handling that will be needed in two years, with relation to the firmness of the roads.
Analysis has been conducted with historical data from the last five years, and a mathematic model through quantitative approach with time series is used to project the future financial needs. Analysing a series of data is based on historical data of variables. In doing so, we are using time series with moving averages, exponential smoothing and trend projection.
Precise response and proper fund allocations have a big impact towards the road condition in the upcoming year. A degrading road conditions will cause a rise in the fund allocations in the upcoming year and reduce the firmness of the road. The firmness of the road in the year 2020 stands at 67,47%, and if it is not well maintained in the next year, the number could fall to 58,56% in 2022. Determining the right response is very impactful towards the firmness of the road in Kabupaten Gresik. We hope that this research can be used as a reference for the future planning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Maintenance of Road, Forcasting, Quantitative, Qualitative, Model Time Series Model, Implementation Method, Cost, handling |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF193 Estimates, costs, etc. |
Divisions: | 61101-Magister Management Technology |
Depositing User: | DHIANNITA TRI ASTUTI |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 02:05 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 01:48 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/80468 |
Actions (login required)
View Item |