Perancangan Aplikasi E-Learning Pelatihan Inspektur Las Berbasis Android dengan Rekognisi Pembelajaran Mandiri

Wicaksono, Bhimo Satrio (2020) Perancangan Aplikasi E-Learning Pelatihan Inspektur Las Berbasis Android dengan Rekognisi Pembelajaran Mandiri. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111540000033-Undergraduated_Thesis.pdf]
Preview
Text
04111540000033-Undergraduated_Thesis.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Abstrak—Di masa ini, teknologi sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak kemudahan dan inovasi yang diperoleh dengan adanya dukungan teknologi digital, layanan menjadi lebih cepat dan efisien serta memiliki jangkauan koneksi yang lebih luas dengan sistem online. Saat ini, metode pembelajaran pelatihan sertifikasi inspektur las dengan cara penyampaian materi yang diberikan oleh pengajar atau tenaga ahli dalam bentuk kegiatan ceramah, diskusi kelas, dan tanya jawab. Kemudian banyaknya materi yang dipelajari akan membuat peserta pelatihan kesulitan untuk menangkap dan memahami semua ilmunya, kecuali bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman pada bidangnya. Dalam penelitian ini penulis telah merancang sebuah aplikasi berbasis android untuk membantu proses pelatihan inspektur las. Tujuan dari penelitian perancangan aplikasi e-learning berbasis android dengan rekognisi pembelajaran mandiri, yaitu memudahkan kegiatan proses pembelajaran mandiri pelatihan sertifikasi inspektur las dalam menyelesaikan persoalan mengenai ruang lingkup dari pengelasan dan inspeksi las. Dalam aplikasi ini memuat materi pelatihan dalam bentuk teks dan video, foto, terdapat ruang obrolan yang terdiri dari forum diskusi dan tatap muka (video call), pre-test, latihan soal dan post test. Pada analisa perbandingan waktu, yaitu membandingkan waktu pembelajaran antara pelatihan secara konvensional dengan pelatihan menggunakan android, terjadi pengurangan waktu pembelajaran sebanyak 23,5 jam. Aplikasi ini telah diuji cobakan kepada responden yang sudah pernah mengambil pelatihan inspektur las. Pengujian ini dilakukan dalam bentuk kuesioner yang bertujuan untuk mengetahui penilaian para responden terhadap aplikasi ini. Dari hasil kuesioner, didapatkan rata-rata penilaian responden dalam uji coba aplikasi sebesar 3,97 dari nilai maksimum 5,00, dengan presentase sebesar 79,4%. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat bekerja dengan baik dan perlu direalisasikan.

=========================================================

Abstract—At this time, technology has experienced very rapid development. Many facilities and innovations are obtained with the support of digital technology, services are faster and more efficient and have a wider range of connections with online systems. At present, the learning method of welding inspector certification training is by delivering material provided by teachers or experts in the form of lectures activities, class discussions, and questions and answers. Then the amount of material learned will make it difficult for the trainees to capture and understand all of their knowledge, except for those who already have experience in their fields. In this research, the author has designed an android-based application to help the welding inspector training process. The purpose of this research is to design an android-based e-learning application with self-learning recognition, which is to facilitate the self-learning process of welding inspector certification training in solving problems regarding the scope of welding and welding inspection. In this application contains training material in the form of text and video, photos, there is a chat room consisting of discussion forums and face-to-face (video calls), pre-test, practice exercises and post-test. In the comparative analysis of the time between conventional training with training using Android, there was a reduction in time of 23.5 hours. This application has been tested on respondents who have taken welding inspector training. This test is conducted in the form of a questionnaire which aims to determine the respondents' assessment of this application. From the results of the questionnaire, it was found that the average respondent's assessment in the application trial was 3.97 from a maximum value of 5.00, with a percentage of 79.4%. This explains that this application can work well and needs to be realized.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Android, Inspektur las, pelatihan sertifikasi, pembelajaran mandiri, Welding inspector, certification training, e-learning, android application
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bhimo Satrio Wicaksono
Date Deposited: 27 Aug 2020 11:21
Last Modified: 20 Dec 2023 04:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80485

Actions (login required)

View Item View Item