Erawan Hakam, Firman Maulana (2020) Analisi Pengaruh Variasi Tekanan Injeksi Dan Modifikasi Piston Crown Terhadap Performa Pembakaran Mesin Diesel Berbasis Simulasi Menggunakan Bahan Bakar B30. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04211640000059-Undergraduate_Thesis.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Untuk mengikuti perkembangan jaman perlu adanya Inovasi dalam dunia Marine Engineering, salah satunya adalah mesin diesel yang berfokusan terhadap kinerjanya. Adapun 2 metode untuk perkembangan modifikasi yaitu piston crown dan tekanan injeksi bahan bakar. Selain itu, paremeter input utama terhadap meningkatkan karakteristik kinerja mesin diesel yaitu dengan cara memberikan atomisasi yang lebih baik tehadap bahan bahan bakar dan induksi switching sangat tinggi. Dalam analisis ini, penulis menggunakan metode berbasis simulasi dengan fokusan untuk mengetahui dampak tekanan injeksi terhadap kinerja mesin diesel dengan piston TCC modifikasi bowl (+ 0,1 mm dan - 0,1 mm) dan TCC standar Yanmar TF 85MH menggunakan bahan bakar B30 minyak kelapa sawit. Didapat dalam penelitian ini bahawa bahwa bahan bakar B30 memiliki tingkat efisiensi yang tinggi dimana ketika menggunakan bahan bakar yang sedikit mampu menghasilkan BMEP, Torsi dan Daya yang tinggi pula, Pada tekanan injeksi 150 Bar dengan Piston Standart Yanmar TF 85MH dibandingkan dengan tekanan injeksi 250 Bar ini disebabkan karena proses penyemprotan molekul tersebut merata namun viskositas tinggi dan densitas dari bahan bakar tersebut tinggi pula menyebabkan proses pembakaran agak lebih terlambat sedikit.Namun dari tekanan injeksi 250 Bar mampu meningkatkan BMEP, torsi, dan daya dari ketiga modifikasi piston bowl ( + 0,1 mm, Standar dan - 0,1 mm) ini disebabkan oleh Cetane number yang tinggi di banding HSD. Pada penelitian ini didapat hasil tekanan aling optimum adalah tekanan injeksi 250 Bar di bahan bakar HSD dan B30 namun lebih bagus lagi tekanan 150 untuk bahan bakar B30.
======================================================================================================
To keep abreast of the times there needs to be Innovation in the world of Marine Engineering one of which is the Diesel Engine focusing on its performance. Whereas 2 methods for developing the modification are crown piston and fuel injection pressure. In addition, the main input parameter to improve the characteristics of a Diesel Engine is by providing better atomization of fuel and very high switching production. In this analysis, the authors used a simulation-based method with a focus to assess injection pressure against the Diesel Engine with modified TCC bowl pistons (+ 0.1 mm and - 0.1 mm) and Yanmar TF 85MH standard TCC using B30 palm oil palm oil. Obtained in this study with B30 fuel has a high level of efficiency with a compilation using fuel that produces little BMEP, torque and high power as well, at 150 bar Injection pressure with Yanmar TF 85MH Standard Piston compared to 250 bar Injection This is due due to the spraying process of this molecule but the high viscosity and density of this fuel also causes the combustion process to be somewhat less. How ever from 250 Bar injection pressure is able to increase BMEP, Torque and Power of Piston bowlModification (+ 0.1 mm, Standard and -0,1 mm) is caused by a high cetet number compared to HSD. This research, the most optimal pressure results are 250 Bar injection pressure in HSD and B30 fuels but even better 150 pressure for B30 fuel
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : (Piston TCC standar Yanmar TF 85 MH,TCC Modifikasi,Variasi Injeksi,Biodiesel B30 minyak kelapa sawit) Keywords : (Standard Yanmar TCC piston TCC 85 MH, Modified TCC, Variation Injection, Biodiesel palm oil) |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Firman Maulana Erawan Hakam |
Date Deposited: | 23 Aug 2020 07:39 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 06:56 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/80590 |
Actions (login required)
View Item |