Implementasi Reliability Centered Maintenance (RCM) Untuk Menentukan Prioritas Perawatan Pada Marine Loading Arm

Fahreza, Feizar (2020) Implementasi Reliability Centered Maintenance (RCM) Untuk Menentukan Prioritas Perawatan Pada Marine Loading Arm. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211640000090_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211640000090_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PT. Petrokimia Gresik merupakan salah satu produsen pupuk terbesar di Indonesia. Dalam proses produksinya tentu saja membutuhkan bahan baku kimia dari luar. Marine Loading Arm merupakan satu-satunya peralatan bongkar yang dimiliki Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT. Petrokimia Gresik. Alat ini menopang seluruh kegiatan bongkar muat curah cair khususnya impor bahan baku kimia berupa NH3, H2SO4, dan H3PO4. Pada Laporan Tahunan Departemen Pengelolaan Pelabuhan PT. Petrokimia Gresik tahun 2018 menunjukkan tingginya permintaan bahan baku kimia cair. Hal ini mengharuskan MLA bekerja lebih banyak daripada sebelumnya. Oleh karena itu, untuk meminimalisir terjadinya kegagalan perlu adanya suatu metode perawatan. Reliability Centered Maintenance merupakan metode perawatan yang berfokus pada peningkatan keandalan komponen dalam sistem. RCM menggunakan prinsip manajemen risiko untuk menentukan tugas dan jadwal perawatan dengan tepat. Proses RCM diimplementasikan menggunakan ABS Guidance.
Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat tiga macam kategori tugas pemeliharaan, dimana kategori A memiliki 14 tugas pemeliharaan, kategori B memiliki 21 tugas pemeliharaan, dan tidak ada tugas pemeliharaan kategori C. Pada semua kategori pemeliharaan untuk Preventive Maintenance sebesar 54% dengan 19 tugas, untuk Condition Monitoring sebesar 37% dengan 13 tugas , sedangkan untuk Run-To-Failure sebesar 9% dengan 3 tugas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: FMECA, Maintenance Schedule, Marine Loading Arm, RCM FMECA, Maintenance Schedule, Marine Loading Arm, RCM
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS174 Maintainability (Engineering) . Reliability (Engineering)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Feizar Fahreza
Date Deposited: 25 Aug 2020 10:08
Last Modified: 20 Jun 2023 15:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80635

Actions (login required)

View Item View Item