Perancangan dan Analisis Sistem Power dan Drivetrain Sepeda Motor Bertenaga Hybrid dengan Kapasitas 110 CC

Anggadewi, Laksita (2020) Perancangan dan Analisis Sistem Power dan Drivetrain Sepeda Motor Bertenaga Hybrid dengan Kapasitas 110 CC. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of DRAFT TUGAS AKHIR A5 FINAL_LAKSITA ANGGADEWI_02111640000034.pdf]
Preview
Text
DRAFT TUGAS AKHIR A5 FINAL_LAKSITA ANGGADEWI_02111640000034.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Jumlah pengguna kendaraan bermotor di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Indonesia sampai dengan tahun 2018, jumlah kendaraan bermotor di Indonesia meningkat hingga menyentuh angka 146.858.759 unit dari 137.211.818 unit pada tahun 2017 dengan jenis kendaraan bermotor yang paling banyak digunakan adalah sepeda motor dengan jumlah 120.101.047 unit. Dengan jumlah pengguna kendaraan bermotor yang tinggi maka konsumsi bahan bakar semakin banyak juga. Jika pertumbuhan penemuan sumber minyak yang baru dan pertumbuhan pemakaian minyak bumi dianggap tetap seperti kondisi sekarang, maka diprediksi jika sekitar tahun 2038 ketersediaan minyak dunia akan defisit sedangkan konsumsinya melebihi dari ketersediaannya. Langkah antisipasi yang harus dilakukan agar dapat mengurangi pemakaian minyak bumi adalah pengembangan teknologi sarana transportasi yang seminimal mungkin menggunakan bahan bakar minyak. Oleh karena itu, salah satu teknologi yang dapat mengatasi permasalahan ini adalah sistem penggerak hybrid yang diterpakan pada sepeda motor, dimana sepeda motor memiliki perpaduan mesin BBM dan motor listrik disatukan.
Pada tugas akhir ini terdapat dua tahapan, yang pertama adalahh tahap perhitungan dan yang kedua adalah tahap analisa. Dalam tahap perhitungan langkah-langkah yang dilakukan adalah melakukan perhitungan gaya hambat total yang meliputi gaya hambat aerodinamis, rolling resistance dan gaya hambat gradien, lalu dilakukan perhitungan spesifikasi motor dan baterai, selanjutnya perhitungan karakteristik traksi, karakteristik daya pada setiap moda berkendara, lalu perhitungan konsumsi energi. Kemudian untuk tahap analisa akan dilakukan analisa terhadap karakteristik traksi dan karakteristik daya pada setiap moda berkendara, dan konsumsi energi.
Pada penelitian ini diperoleh spesifikasi motor yang sesuai adalah QS 10inch 3000 W 205 50H BLDC Hub motor dengan peak power sebesar 6 kW dan baterai Li-Ion dengan kapasitas 60 V 25 Ah . Pada moda berkendara murni penggerak listrik (pure electric) gaya traksi maksimum senilai 663,424 N dan mampu mencapai kecepatan maksimum sebesar 118,243 km/jam, kemudian pada moda berkendara hybrid mampu melawan gaya traksi maksimum senilai 663,424 N dan mampu mencapai kecepatan maksimum sebesar 118,243 km/jam, dan pada moda berkendara penggerak mesin dan pengisi ACCU mampu melawan gaya traksi maksimum senilai 663,424 N dan mampu mencapai kecepatan maksimum sebesar 94,67 km/jam. Konsumsi energi listrik sepeda motor hybrid seri sebesar 0,0203 kWh/km, sedangkan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor hybrid seri sebesar 94,33 km/liter.
=========================================================================================================
The number of motor vehicle users in Indonesia is increasing every year. Based on data from Badan Pusat Statistik Indonesia on 2018, the number of motorized vehicles in Indonesia has increased to reach 146,858,759 units from 137,211,818 units in 2017 with the most widely used type of motorized vehicle is motorbikes with a total of 120,101,047 units . With the high number of motorized vehicle users, the fuel consumption will also increase. If the growth in discoveries of new oil sources and the growth in the use of petroleum are considered to remain the same as current conditions, it is predicted that around 2038 the availability of world oil will be in deficit while consumption exceeds its availability. The anticipatory step that must be taken in order to reduce the use of petroleum is the development of transportation technology that uses fuel oil as minimum as possible. Therefore, one of the technologies that can overcome this problem is the hybrid drive system applied to motorbikes, where the motorbike has a combination of a fuel engine and an electric motor combined.
In this final project, there are three stages, the first is regarding the concept of vehicle design, then the second is the calculation phase and the third is the analysis phase. In the calculation phase the steps taken are calculating the drag force which contains aerodynamic drag, rolling resistance and gradient drag, then calculating the motor and battery specifications, then calculating traction characteristics, power characteristics in each driving mode, then calculating energy consumption . Furthermore, for the analysis stage, an analysis of the traction characteristics and power characteristics in each driving mode will be carried out.
In this study, the corresponding motor specifications are QS 10inch 3000 W 205 50H BLDC Hub motor with a peak power of 6 kW and a Li-Ion battery with a capacity of 60 V 25 Ah. In pure electric driving mode, the maximum traction force is 663,424 N and is capable of reaching a maximum speed of 118,243 km / hour, then in the hybrid driving mode it is able to fight the maximum traction force of 663,424 N and can reach a maximum speed of 118,243 km / hour. , and in driving mode the ACCU engine drive and filler are able to withstand a maximum traction force of 663,424 N and are capable of reaching a maximum speed of 88,954 km / h. The electric energy consumption of the series hybrid motorcycles is 0.0305 kWh / km, while the fuel consumption of the series hybrid motorcycles is 94,33 km / liter.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: sepeda motor hybrid, karakteristik traksi, karakteristik daya, konsumsi energi, Hybrid motorcycle, traction characteristic, power characteristic, energy consumption.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ700 Traction engines, etc.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Laksita Anggadewi
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:17
Last Modified: 07 Jul 2023 16:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80677

Actions (login required)

View Item View Item