ANALISIS PEMANFAATAN PLATFORM DARING PADA UMKM BIDANG KESEHATAN DI SURABAYA

Syah, Aldy (2020) ANALISIS PEMANFAATAN PLATFORM DARING PADA UMKM BIDANG KESEHATAN DI SURABAYA. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

This is the latest version of this item.

[img] Text
05211640000088_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Saat ini dunia berada pada masa pandemi Covid-19. Banyak sektor yang terkena dampak dari pandemi ini. Sektor tersebut adalah sektor ekonomi, Kesehatan, dan teknologi. Surabaya adalah salah satu daerah di Indonesia yang terkena dampak dari pandemik. Banyak aktivitas produktif yang sekarang dilakukan dengan pola bekerja dari rumah (work from home). Hal ini mendorong bisnis di Kota Surabaya untuk mendayagunakan platform daring dengan lebih maksimal. Platform daring dapat didefinisikan sebagai layanan yang tersedia di Internet termasuk toko daring, mesin pencari, media sosial, outlet konten kreatif, toko aplikasi, layanan komunikasi, sistem pembayaran, dan banyak lagi. UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah salah satu contoh pihak yang dapat memanfaatkan perkembangan teknologi serta platform daring. Tujuan dari penelitian tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat pendayagunaan UMKM bidang kesehatan di Surabaya dalam mendayagunakan platform daring. Selain itu, tujuan lain dari penelitian ini untuk memvisualisasikan data UMKM bidang kesehatan di Surabaya dalam menggunakan platform daring. Pada penelitian ini dilakukan proses web scraping untuk mendapatkan data tentang penggunaan platform daring oleh UMKM bidang kesehatan, serta dirancang visualisasi data untuk dilakukan analisis secara deskriptif terhadap data yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang paling banyak dijual oleh UMKM daring adalah essential oil dan hand sanitizer. Selain itu, didapatkan informasi bahwa tren kenaikan jumlah UMKM yang menggunakan platform daring adalah mendekati pola tren eksponensial. Jumlah UMKM yang memiliki jalur non daring dalam melakukan proses jual beli adalah sebanyak 5462 UMKM dengan rata-rata review per UMKM sebanyak 10 dan rata-rata skor rating sebesar 4.46 dari 5.dari segi kuantitas, pemanfaatan platform daring oleh UMKM bidang kesehatan sudah sangat baik. Dibuktikan dengan adanya 19770 toko daring pada e-commerce dan banyaknya rata-rata jumlah katalog produk pada toko, yakni sebanyak lebih dari 200 produk. Namun secara kualitas, pemanfaatan platform daring oleh UMKM bidang kesehatan masih kurang. Hal ini dibuktikan minimnya jumlah follower pada toko daring serta kurang optimalnya pemanfaatan fitur yang tersedia pada e-commerce.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Kesehatan, Platform Daring, Web Scraping, Visualisasi Data, SMEs, Health, Online Platform, Web Scraping, Data Visualization
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D343 Data mining
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.I52 Information visualization
T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aldy Syah Daviq Ramadhan
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:24
Last Modified: 26 Aug 2020 03:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80820

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item