ANALISA BUSINESS CONTINUITY PLAN BERBASIS RISIKO PADA TERMINAL KONTAINER MENGGUNAKAN METODE HOUSE OF RISK

Akbari, Dany (2020) ANALISA BUSINESS CONTINUITY PLAN BERBASIS RISIKO PADA TERMINAL KONTAINER MENGGUNAKAN METODE HOUSE OF RISK. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211640000060-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211640000060-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Proses bisnis pada tiap perusahaan sangat penting untuk dijaga keberlangsungannya. Disrupsi yang disebabkan oleh bencana alam maupun sosial dapat berdampak pada ketahanan masyarakat melalui produktivitas yang berkurang, dan dapat lebih jauh lagi memberi dampak pada ekonomi regional, nasional, bahkan global. Banyak organisasi yang belum menyadari bahwa business continuity plan (BCP) sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. Riset ini bertujuan untuk menganalisis disrupsi-disrupsi yang mungkin terjadi pada terminal kontainer lalu merangkingnya sesuai dengan kontribusi tiap disrupsi terhadap kerugian yang dialami perusahaan, dan juga menganalisa bagaimana BCP dapat mengurangi kerugian yang ditimbulkan karena disrupsi yang mungkin terjadi. Studi kasus riset ini adalah terminal petikemas, karena fungsi bisnis dari terminal petikemas tidak memungkinkan untuk mengalami downtime sehingga diperlukan BCP. Pembuatan BCP difokuskan pada kemampuan perusahaan untuk mengidentifikasi disrupsi yang mungkin mengganggu berjalannya fungsi bisnis lalu membuatkan rencana tindakan preventif untuk mengurangi kerugian yang ditimbulkan. Riset akan dilakukan menggunakan metode House of Risk, yang melibatkan senior manager dan direksi terkait. Hasil studi menunjukkan bahwa disrupsi yang dikategorikan sebagai kontributor utama dari kerugian yang ditimbulkan (1) pencurian oleh pihak luar; (2) kegagalan kebijakan manajemen; (3) sabotase sistem informasi; (4) demo massal karyawan; (6) wabah. Sedangkan untuk langkah preventif yang paling efektif dan mudah yaitu (1) Menggunakan gamma scanners untuk Screening container-container yang masuk; (2) Implementasi standar manajemen risiko ISO 31000; (3) Segmentasi tim, sehingga dapat dilakukan rotasi karyawan jika diperlukan.
===================================================================================================================
Business processes on every organization is essential to be maintained sustainably. Business disruptions in certain area that are caused by large scale disaster weakens community resilience through decrease of productivity, and could also further impact national, regional and global economy. Most of organizations have not realized that business continuity plan (BCP) is essential to business continuity. This study aims to analyze the disruptions that might happen on container terminal and rank which disruption contributes most to the loss, and how BCP helps to decrease the loss. The case study in this research is a container terminal. In order to maintain business continuity, the container terminal should implement business continuity planning which includes identifying the risks of a disaster then providing procedures and strategies to reduce or minimize the loss. The development of the BCP is focused on the company's ability to identify disruptions that might disrupt key business processes and ability to conduct the most effective and least difficult preventive action. The research will be carried out using House of Risk method. The study results show that disruptions which categorized as a major contributor to losses are theft by outsiders, management policy failure, information system sabotage, mass employee demonstration, and pandemic. The most effective and least difficult preventive steps to take are the implementation of ISO 31000 standards on risk management to streamline the management policies, and team rotation plan for substituting unavailable employees.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dany Rahmat Akbaru
Date Deposited: 26 Aug 2020 06:21
Last Modified: 05 Jun 2023 04:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80841

Actions (login required)

View Item View Item