ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU I-CHEATING PADA MAHASISWA

TARIGAN, MHD RAIHAN NATIGOR (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU I-CHEATING PADA MAHASISWA. Other thesis, InstitutTeknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000140-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640000140-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Saat ini, adalah sebuah era yang erat dengan teknologi informasi dan komunikasi. Adanya teknologi informasi dan komunikasi juga memberi dampak yang besar bagi kehidupan manusia saat ini. Banyak penelitian yang menunjukan dampak yang baik dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini telah banyak di terapkan di dalam dunia pendidikan, namun sangat disayangkan manfaat baik yang dirasakan tidak sejalan dengan adanya celah yang bisa menjadi kelemahan dalam dunia Pendidikan, salah satu celah yang bisa disebabkan oleh teknologi yang dapat melemahkan dunia Pendidikan adalah melakukan kecurangan menggunakan teknologi. Salah satu jenis kecurangan di dunia Pendidikan dengan menggunakan teknologi adalah penggunaan perangkat iPhone sebagai alat bantu untuk berbuat curang atau yang biasa disebut dengan I-Cheating. Agar perilaku I-Cheating ini bisa diatasi, instansi atau universitas harus tahu apa saja faktor yang mempengaruhi perilaku I-Cheating pada mahasiswanya agar dikemudian hari Tindakan ini dapat diantisipasi lebih awal. Analisis faktor yang mempengaruhi I-Cheating akan sangat bermanfaat bagi instansi atau Universitas agar tahu bagaimana cara mengatsi perilaku tersebut, sehingga integritas akademik suatu institusi Pendidikan dapat terjaga dengan baik.
Pada penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rekomendasi yang akan bermanfaat bagi institusi untuk menghindari perilaku I-Cheating dan untuk itulah dibutuhkan analisis dari faktor yang mempengaruhi perilaku I-Cheating pada mahasiswa. penelitian ini menggunakan model I-Cheating Model yang dikembangkan oleh Elodie Gentina untuk melihat faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa melakukan I-Cheating, dan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) untuk melakukan analisis pada data pada hasil survey yang berasal dari Mahasiswa aktif program S-1 Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang menggunakan iPhone yang berjumlah 170 responden , Pada awalnya peneliti akan melakukan pembuatan kuisioner yang berisi peryataan terkait perilaku I-Cheating pada mahasiswa, lalu mengumpulkan data yang telah didapat dari kuisioner yang telah dibuat sebelumnya lalu melakukan analisis dan menguji model serta hipotesis yang didapat dari model yang digunakan. Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor - faktor Yang Mempengaruhi Perilaku I-Cheating pada mahasiswa”.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa nomophobia atau kecanduan dalam menggunakan iPhone berpengaruh positif dan signifikan yang menjadikan nomophobia sebagai faktor penyebab kecurangan akademik menggunakan iPhone dan penelitian ini menghasilkan beberapa rekomendasi yang bisa diberikan kepada instansi atau universitas terkait bagaimana perilaku dari mahasiswanya nya akan perilaku I-Cheating.
=========================================================
At present, we are in an era closely with information and communication technology. The existence of information and communication technology also has a major impact on human life today. Many studies show a good impact on the use of information and communication technology, but there are also adverse effects that are given. One of the bad effects given is in the academic field, which is that at the moment many students who are cheating are using information and communication technology which is more focused on using the iPhone as a tool to cheat or commonly called I-Cheating. In order for this I-Cheating behavior to be overcome, agencies or universities must know what are the factors that influence I-Cheating behavior in their students. Analysis of factors that influence I-Cheating will be very useful for agencies or universities so they know how to overcome these behaviors, so that academic activities can run well.
In this study aims to produce recommendations for avoiding I-Cheating behavior and the results of the analysis of factors that influence I-Cheating behavior in students. This study uses the I-Cheating Model developed by Elodie Gentina to see what factors influence students to do I-Cheating and uses the Structural Equation Modeling (SEM) method to analyze the data. Initially the researcher will make a questionnaire which contains statements related to the behavior of I-Cheating to students, then collect data that has been obtained from questionnaires that have been made before and then conduct analysis and test the models and hypotheses obtained from the models used. This study is entitled "Analysis of Factors Affecting I-Cheating Behavior in Students".
The results of this study are recommendations for strategies that can be used by agencies or universities who wish so that academic activities can run well. Then the results of the analysis can be given to agencies or universities related to how the behavior of their students will be I-Cheating behavior.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Emotional Intelligence, Nomophobia, i-Cheating, iPhone, Mahasiswa,Emotional Intelligence, Nomophobia, i-Cheating, iPhone, Undergraduate Student
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: MHD Raihan Natigor Tarigan
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:28
Last Modified: 28 Dec 2023 13:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81086

Actions (login required)

View Item View Item