EVALUASI KAPASITAS TERMINAL PENUMPANG PADA LOMBOK INTERNATIONAL AIRPORT UNTUK MEMPERSIAPKAN MOTO GP 2021

Ardyanputra, Lazuardi Firdauz (2020) EVALUASI KAPASITAS TERMINAL PENUMPANG PADA LOMBOK INTERNATIONAL AIRPORT UNTUK MEMPERSIAPKAN MOTO GP 2021. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111640000087-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111640000087-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lombok, Nusa Tenggara Barat, merupakan salah satu destinasi favorit yang banyak dikunjungi di Indonesia. Pada Tahun 2018, terdapat 1.204.556 wisatawan manca negara dan 1.607.823 wisatawan dalam negeri yang menjadikan Lombok International Airport (LIA) sebagai salah satu bandara tersibuk di Indonesia. Menurut Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada tahun 2021, Sirkuit Kuta Mandalika akan dijadikan sebagai tempat lomba balap motor internasional yang biasa disebut Moto GP. Event tersebut diperkirakan akan menyebabkan peningkatan pergerakan pesawat udara dan pergerakan penumpang pada Lombok International Airport (LIA) yang merupakan bandar udara paling dekat dengan Sirkuit Mandalika. Peningkatan pergerakan pesawat dan penumpang ini akan berdampak langsung pada kemampuan layanan Lombok International Airport (LIA), baik kapasitas terminal maupun kapasitas runway.
Untuk mengantisapsi pertumbuhan penumpang akibat event Moto GP 2021 tersebut, perlu dilakukan evaluasi dan pemgembangan fasilitas dalam terminal pada Lombok International Airport. Pada Tugas Akhir ini dilakukan perhitungan kapasitas eksisting masing-masing ruangan yang lalu dilanjutkan dengan penilaian Level of Service eksisting pada peak hour dengan menggunakan standard International Air Transport Association (IATA) untuk menganilisis kinerja eksisting dari Lombok Internasional Airport. Dalam hasil analisis tersebut, didapatkan nilai LOS A untuk bagian kerb, Check-In Area, ruang tunggu, ruang pengambilan bagasi dan ruang kedatangan internasional serta Nilai LOS E untuk ruang kedatangan domestik. Setelah itu dilakukan perhitungan penambahan penumpang akibat event Moto GP 2021 menggunakan tiga simulasi dengan hasil penumpang tahunan sebesar 7.334.450 penumpang dan 3.667 penumpang saat peak hour untuk simulasi pertama. Pada simulasi kedua didapatkan 5 hasil dengan jumlah penumpang dimana masing-masing sebesar 3.682.225 penumpang, 3.697.225 penumpang, 3.712.225 penumpang, 3.727.225 penumpang dan 3.742.225 dan pada saat peak hour sebesar 1.841 penumpang, 1.849 penumpang, 1.856 penumpang, 1.864 penumpang dan 1.871 penumpang untuk simulasi kedua. Dan hasil simulasi ketiga sebesar 1.125 penumpang untuk keberangkatan dan 1.529 untuk kedatangan. Lalu, dilakukan penilaian Level of Service berdasarkan hasil ketiga simulasi tersebut dengan hasil nilai level of service untuk kerb bernilai LOS C untuk simulasi pertama, LOS A untuk seluruh hasil simulasi kedua dan LOS B untuk simulasi ketiga. Nilai level of service Check-In bernilai LOS F untuk hasil semua simulasi. Nilai level of service Ruang tunggu bernilai LOS C untuk simulasi pertama, LOS A untuk seluruh hasil simulasi kedua dan LOS B untuk hasil simulasi ketiga. Dan nilai level of service pengambilan bagasi bernilai LOS F untuk simulasi pertama dan seluruh simulasi kedua dan bernilai LOS D untuk terminal kedatangan internasional serta LOS F untuk terminal kedatangan domestik untuk simulasi ketiga.
Lombok, West Nusa Tenggara, is one of the most visited destinations in Indonesia. In 2018, there were 1,204,556 foreign tourists and 1,607,823 domestic tourists who made Lombok. International Airport (LIA) one of the busiest airports in Indonesia. According to the West Nusa Tenggara Provincial Government, in 2021, the Kuta Mandalika Circuit will be used as an international a motor racing contest called Moto GP. The event is expected to cause an increase in aircraft movements and passenger movements at the Lombok International Airport (LIA) which is the closest airport to the Mandalika Circuit. The increase in aircraft and passenger movements will have a direct impact on Lombok International Airport (LIA) service capabilities, both terminal capacity and runway capacity.
To anticipate passenger growth due to the Moto GP 2021 the event, it is necessary to evaluate and develop the facilities in the terminal at Lombok International Airport. In this final project, an calculation of the existing capacity of each room is carried out, followed by an assessment of the existing Level of Service at peak hour using the International Air Transport Association (IATA) standard to analyze the existing performance of the Lombok International Airport. In the results of the analysis, LOS A values for the curb section, Check-In Area, waiting room, baggage claim room and international arrival room and LOS E value for the domestic arrival room. After that the calculation of the addition of passengers due to the Moto GP 2021 event uses three simulations with an annual passenger result of 7,334,450 passengers and 3,667 passengers during peak hours for the first simulation. In the second simulation, there were five results with the number of passengers where 3,682,225 passengers, 3,697,225 passengers, 3,712,225 passengers, 3,727,225 passengers and 3,742,225, and during peak hours of 1,841 passengers, 1,849 passengers, 1,856 passengers
passengers, 1,864 passengers and 1,871 passengers for the second simulation. And the third simulation result is 1,125 passengers for departure and 1,529 for arrivals. Then, a Level of Service was assessed based on the results of the three simulations with the results of the level of service for the curb valued at LOS C for the first simulation, LOS A for all the results of the second simulation and LOS B for the third simulation. Check-in level of service is LOS F for all simulation results. The level of service waiting room value is LOS C for the first simulation, LOS A for all second simulation results and LOS B for the third simulation result. And the level of service value of baggage claim is LOS F for the first simulation and all second simulations and LOS D value for the international arrival terminal and LOS F for the domestic arrival terminal for the third simulation.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE9787.5 Airplanes--Ground handling
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7.H5 Airports--Planning. Airport terminals--Planning
Depositing User: Lazuardi Firdauz Ardyanputra
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:00
Last Modified: 29 May 2023 14:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81176

Actions (login required)

View Item View Item