Pengelompokan Mutu Sekolah Dasar di Indonesia berdasarkan Standar Nasional Pendidikan dengan Metode Fuzzy C-Means dan Imputasi Missing Value dengan Metode Regresi

Harwanti, Nur Achmey Selgi (2020) Pengelompokan Mutu Sekolah Dasar di Indonesia berdasarkan Standar Nasional Pendidikan dengan Metode Fuzzy C-Means dan Imputasi Missing Value dengan Metode Regresi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
06211640000045-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi bangsa. Mutu pendidikan yang baik akan mencetak generasi yang berkualitas dan menjadi kunci untuk membangun dan memperbaiki negara. Dalam konsep pendidikan, pemerintah telah memberikan acuan agar sekolah di Indonesia memiliki kualitas yang baik, salah satunya adalah dengan menerbitkan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Pada penelitian ini dilakukan pengelompokan mutu pendidikan pada 142.294 sekolah dasar tahun 2018 menggunakan metode Fuzzy C-Means pada sekolah dan kota di Indonesia dengan variabel yang digunakan adalah delapan standar nasional pendidikan yaitu standar kompetensi kelulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar PTK, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. Sebelum melakukan pengelompokkan dilakukan imputasi missing value dengan menggunakan metode regresi. Digunakan metode Fuzzy C-Means pada clustering dikarenakan data SNP SD di Indonesia memiliki banyak data outlier sehingga lebih cocok digunakan metode Fuzzy C-Means. Berdasarkan nilai pseudo f jumlah kelompok sekolah di Indonesia yang optimum adalah 4 dan jumlah kelompok kota di Indonesia yang optimum adalah 3. Hampir semua kota di Pulau Jawa berada pada cluster terbaik sedangkan kota di Pulau Papua hampir semuanya berada pada cluster yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.53 Har p-1 • Harwanti, Nur Achmey Selgi
Uncontrolled Keywords: SNP, Elementary Schools, Clustering, Fuzzy C-Means, Missing Value Imputation, Regression, SNP, Sekolah Dasar, Clustering, Fuzzy C-Means, imputasi missing value, regresi
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HA Statistics > HA29 Theory and method of social science statistics
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nur Achmey Selgi Harwanti
Date Deposited: 27 Aug 2020 06:57
Last Modified: 07 Oct 2020 00:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81184

Actions (login required)

View Item View Item