Pemodelan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Angka Partisipasi Kasar Jenjang SMA/sederajat di Provinsi Papua Menggunakan Regresi Nonparametrik Spline Truncated

Rizkiana Prima, Rahmadina and Madu, Ratna and I Nyoman, Budiantara (2020) Pemodelan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Angka Partisipasi Kasar Jenjang SMA/sederajat di Provinsi Papua Menggunakan Regresi Nonparametrik Spline Truncated. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
06211640000069-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Program pemerintah terkait wajib belajar 12 tahun melalui Program Indonesia Pintar bertujuan untuk meningkatkan akses layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah. Secara umum, Angka Partisipasi Kasar (APK) dapat digunakan sebagai alat untuk mengukur keberhasilan program pembangunan pendidikan. Pada tahun 2018, APK SMA/sederajat di Papua sebesar 63,26%, sedangkan rata-rata di Indonesia adalah 80,68%. Angka tersebut mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Adanya program wajib belajar 12 tahun dan penurunan nilai APK jenjang SMA/sederajat di Provinsi Papua perlu ditingkatkan dengan mengetahui pengaruh dari APK jenjang SMA/sederajat. Penelitian ini menggunakan metode regresi nonparametrik spilne karena lima variabel yang diduga berpengaruh dengan unit observasi sebanyak 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua tidak memiliki pola tertentu. Berdasarkan nilai GCV yang paling minimum, model terbaik adalah menggunakan kombinasi titik knot (1,3,1,3,3). Hasil pengujian signifikansi parameter menunjukkan bahwa seluruh variabel yang digunakan dalam penelitian berpengaruh signifikan terhadap APK SMA/sederajat di Papua. Variabel yang digunakan adalah pengeluaran per kapita, persentase penduduk miskin, transfer daerah bidang pendidikan, rasio murid-guru, dan rasio murid-sekolah. Hasil pengujian asumsi residual menunjukkan semua asumsi terpenuhi dengan nilai koefisien determinasi dari model sebesar 95,86%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.536 Rah p-1 • Rahmadina, Rizkiana Prima
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA29 Theory and method of social science statistics
Divisions: Faculty of Mathematics, Computation, and Data Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rizkiana Prima Rahmadina
Date Deposited: 26 Aug 2020 05:43
Last Modified: 07 Oct 2020 00:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81266

Actions (login required)

View Item View Item