Karakterisasi Unjuk Kerja Sistem Dual-Fuel (Syngas Hasil Gasifikasi RDF Dan Bensin) Pada Generator Set Motor Bensin Honda EC 2900 L Dengan Variasi AFR

Alim, Aditya Halaqul (2020) Karakterisasi Unjuk Kerja Sistem Dual-Fuel (Syngas Hasil Gasifikasi RDF Dan Bensin) Pada Generator Set Motor Bensin Honda EC 2900 L Dengan Variasi AFR. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111540000048-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02111540000048-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Revolusi industri 4.0 menuntut untuk menggunakan sumber energi dalam jumlah besar. Syngas hasil gasifikasi Refuse Derived Fuel (RDF) dilihat sebagai alternatif yang menjanjikan. Syngas akan dimanfaatkan menggunakan dual fuel sytem pada mesin pembakaran dalam. Sistem ini memanfaatkan mixer yang berfungsi sebagai alat yang mencampurkan syngas dengan campuran bakar bahan cair dan udara. Sistem dual fuel pada mesin bensin memiliki keunggulan pada besarnya persentase subtitusi bahan bakar cair. Oleh karena itu, pemanfaatan syngas hasil gasifikasi RDF pada motor bensin dilihat perlu dikembangkan lebih lanjut. Maka akan dilakukan penelitian terkait pemanfaat syngas gasifikasi RDF dengan dual fuel system mesin bensin. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan optimasi antara AFR dengan jumlah gas tersubtitusi yang mengarah pada penggunaan 100% bahan bakar syngas. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental dengan proses pemasukan aliran syngas yang dihasilkan gasifier downdraft limbah RDF ke dalam intake dari mesin bensin yang dihubungkan ke generator secara langsung. Syngas dialirkan secara langsung dari reaktor menuju mixer yang diletakkan setelah karburator. Pengujian dilaksanakan pada putaran mesin konstan yakni 3000RPM dengan pembebanan listrik yang
bervariasi dimulai dari 200 watt hingga 1600 watt dengan interval 200 watt. Penelitian menggunakan 5 variasi AFR yang diatur dengan cara mengatur bukaan choke pada karburator. Variasi bukaan choke dimulai dari 0%, 25%, 50%, 75% dan 100%. Datadata yang akan diukur pada penelitian ini yaitu waktu konsumsi bahan bakar bensin 25ml, arus dan tegangan listrik dan temperatur operasi yang meliputi gas buang, mesin ,serta oli pelumas. Data digunakan untuk mendapatkan unjuk kerja sistem dual fuel syngas-bensin dengan gasifier downdraft limbah RDF. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahan bakar pertalite dapat disubsitusikan paling tinggi pada angka 73.42% pada beban 200 watt dengan variasi 75% choke. Dengan mengoperasikan mesin dalam keadaan dual fuel system, temperature operasi mesin lebih rendah dibandingkan dengan single fuel system. Dengan dual fuel system, specific fuel consumption mengalami peningkatan hingga 20,61 Kg/HP.h pada variasi dual fuel system 75% choke dan penurunan effisiensi thermal pada beban tertinggi pada angka 9.13% dengan variasi dual fuel system 75% choke.
=====================================================================================
Industrial revolution 4.0 demands for using massive energy resources . Syngas product from Refuse Derived Fuel (RDF) gasification process are observed as promising alternative. Syngas will utilized on dual-fuel system internal combustion engine. This system using mixer as mixing device for combining syngas, gasoline, and air. Dual-fuel system on gasoline engine has an advantage on the substitution percentage of liquid fuel. Therefore, syngas utilization on gasoline engine needs to be further developed. Then, research will be conducted about utilization of RDF syngas on gasoline engine. Objective for this research is to optimize Air to Fuel Ratio (AFR) and subsituzed gas which leads to utilization of 100% syngas fuel. This research will be conducted as experimental under the stream of syngas are supplied by gasification process of RDF in downdraft gasifier to the intake of gasoline engine which directly connected to the generator. Syngas will be directly supplied from the reactor to the mixer which placed after the carburator. Test will be conducted at constant 3000 RPM engine speed and variable electrical loads start from 200 watt up to 1600 watt within 200 watt interval. Research will have 5 variations of AFR that is controlled by the aperture of choke valve on the carburator. The variation of
choke valve’s aperture start from 0%, 25%, 50%, 75%, and 100%. Data that will be measured in this research are 25 mL gasoline consumption time, electrical current and voltage, and operation temperature involving exhaust, engine, and oil temperature. Data will be calculated for obtaining performance characterization of dual-fuel system gasoline and RDF syngases from downdraft gasifier. The results from this research are pertalite gasoline can substituzed at the highest number of 73.42% at 200 watt load and 75% choke aperture. By operating the engine on dual-fuel system, operational temperature are lower than the gasoline single-fuel system. By dual-fuel system, specific fuel consumption roses up to 20.61 Kg/HP.h at 75% choke valve aperture and lowering the thermal efficiency at the point of 9.13% on maximum load and 75% choke valve aperture.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: dual fuel, syngas, bensin, AFR, RDF, dual fuel, syngas, gasoline, AFR, RDF
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
T Technology > TP Chemical technology > TP339 Ethanol as fuel. Biomass energy.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aditya Halaqul Alim
Date Deposited: 27 Aug 2020 05:56
Last Modified: 29 Oct 2023 16:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81449

Actions (login required)

View Item View Item