Analisis Pengaruh Keselarasan Teknologi Informasi untuk Pertukaran Informasi dan Integrasi Rantai Pasok terhadap Ketanggapan Pelanggan

Nabila, Achmad Wildan (2020) Analisis Pengaruh Keselarasan Teknologi Informasi untuk Pertukaran Informasi dan Integrasi Rantai Pasok terhadap Ketanggapan Pelanggan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
05211750012003-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rantai pasok adalah jaringan perusahaan-perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan mengantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir (pemasok, pabrik, distributor, toko atau ritel, serta perusahaan-perusahaan pendukung seperti perusahaan jasa logistik). Jaringan perusahaan tersebut harus dikelola dengan baik menggunakan manajemen rantai pasok. Dari penelitian terdahulu, diketahui bahwa salah satu syarat manajemen rantai pasok yang baik adalah pertukaran informasi yang telah difasilitasi oleh penggunaan teknologi informasi. Penemuan dari negara-negara barat mengabaikan pengaruh tidak langsung dari teknologi informasi terhadap kemampuan rantai pasok melalui pertukaran informasi. Keterkaitan antara keselarasan teknologi informasi, pertukaran informasi, dan integrasi rantai pasok perlu dibahas secara simultan terhadap ketanggapan pelanggan sebagai tolak ukur dari performa rantai pasok. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk membangun model konseptual baru hubungan antara keselarasan teknologi informasi, pertukaran informasi, integrasi rantai pasok, dan ketanggapan pelanggan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh langsung dari keselarasan teknologi informasi terhadap ketanggapan pelanggan dan pengaruh tidak langsungnya terhadap ketanggapan pelanggan melalui pertukaran informasi dan integrasi rantai pasok dalam konteks rantai pasok. Hubungan variabel mana yang mempunyai pengaruh lebih besar terhadap ketanggapan pelanggan, hubungan secara langsung atau tidak langsung. Dalam hubungan tidak langsungnya, variabel perantara mana yang dapat memberikan pengaruh lebih besar terhadap ketanggapan pelanggan, variabel pertukaran informasi atau integrasi rantai pasok. Metodologi penelitian dimulai dari identifikasi dan perumusan masalah, studi literatur, perancangan model dan rancangan penelitian kuantitatif, pengembangan instrumen penelitian, uji coba instrumen, pengumpulan data, uji validitas dan reliabilitas, analisis jalur, dan diakhiri dengan penyusunan tesis. Penelitian ini membangun sebuah model konseptual baru tentang hubungan diantara keselarasan teknologi informasi, pertukaran informasi, integrasi rantai pasok, dan ketanggapan pelanggan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan keselarasan teknologi informasi terhadap ketanggapan pelanggan secara langsung, terdapat pengaruh signifikan keselarasan teknologi informasi terhadap ketanggapan pelanggan secara tidak langsung melalui pertukaran informasi, dan terdapat pengaruh signifikan keselarasan teknologi informasi terhadap ketanggapan pelanggan secara tidak langsung melalui integrasi rantai pasok. ================================================================================================================== Supply chain is a network of companies that jointly work to create and deliver a product to the end user (suppliers, factories, distributors, stores or retail, as well as supporting companies such as logistics service companies). The company's network must be well managed using supply chain management. From previous research, it is known that one of the requirements for good supply chain management is the information sharing that has been facilitated by the use of information technology. The findings from western countries ignore the indirect effect of information technology on supply chain capabilities through information exchange. The link between information technology alignment, information sharing, and supply chain integration needs to be discussed simultaneously with customer responsiveness as a benchmark of supply chain performance. This research is a descriptive quantitative study that aims to build a new conceptual model of the relationship between information technology alignment, information sharing, supply chain integration, and customer responsiveness. This study also aims to identify the direct effect of information technology alignment on customer responsiveness and the indirect effect on customer responsiveness through information sharing and supply chain integration in the context of the supply chain. Which variable relationship has a greater influence on customer responsiveness, direct or indirect relationship. In the indirect relationship, which intervening variables can have a greater influence on customer responsiveness, information sharing or supply chain integration. The research methodology starts with problem identification and formulation, literature study, model design and quantitative research design, research instrument development, instrument testing, data collection, validity and reliability testing, path analysis, and ends with thesis preparation. This study builds a new conceptual model of the relationship between information technology alignment, information exchange, supply chain integration, and customer responsiveness. The results of this study note that there is a significant impact of information technology alignment on customer responsiveness directly, there is a significant impact of information technology alignment on customer responsiveness indirectly through information sharing, and there is a significant impact of information technology alignment on customer responsiveness indirectly through supply chain integration.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Integrasi Rantai Pasok, Keselarasan Teknologi Informasi, Pertukaran Informasi, Ketanggapan Pelanggan, Supply Chain Integration, Information Technology Alignment, Information Sharing, Customer Responsiveness
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD38.5 Business logistics--Cost effectiveness. Supply chain management. ERP
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Achmad Wildan Nabila
Date Deposited: 28 Aug 2020 04:05
Last Modified: 28 Aug 2020 04:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81457

Actions (login required)

View Item View Item