PEMETAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI INDONESIA BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) MENGGUNAKAN METODE K- MEANS DAN FUZZY C-MEANS

Chusna, Haniza Annuril (2020) PEMETAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI INDONESIA BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) MENGGUNAKAN METODE K- MEANS DAN FUZZY C-MEANS. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06211640000085-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
06211640000085-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Standar Nasional Pendidikan merupakan salah satu upaya
pemerintah untuk mencapai pemerataan mutu pendidikan. Standar
Nasional Pendidikan meliputi delapan capaian yaitu Standar
Kompetensi Kelulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian,
Standar Pendidik dan Tenaga Pendidik, Standar Sarana dan Prasarana,
Standar Pengelolaan, dan Standar Pembiayaan. Penelitian ini
dilakukan untuk mengelompokkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di
Indonesia berdasarkan SNP menggunakan metode K-means dan Fuzzy
C-Means. Sebelum dilakukan analisis klaster, dilakukan imputasi
missing value menggunakan regresi. Berdasarkan hasil pengelompokan
menggunakan K-Means dan Fuzzy C-Means, diperoleh metode terbaik
adalah K-Means dengan jumlah klaster optimum sebanyak empat
dengan nilai icdrate sebesar 0,4826. Kemudian dilakukan
pengelompokan 514 kabupaten dan kota di Indonesia menggunakan
metode K-Means dengan klaster optimum sebanyak 3. Dimana sebagian
besar kota di Pulau Jawa berada pada klaster kategori sudah memenuhi
SNP sementara klaster belum memenuhi SNP mayoritas berada di
Pulau Kalimantan dan Pulau Papua.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSt 519.53 Chu p-1 • Chusna, Haniza Annuril
Uncontrolled Keywords: Fuzzy C-Means, Imputasi, K-Means, SMP, SNP
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D343 Data mining. Querying (Computer science)
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Haniza Annuril Chusna
Date Deposited: 28 Aug 2020 02:46
Last Modified: 08 Jan 2024 01:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81476

Actions (login required)

View Item View Item