Chusna, Haniza Annuril (2020) PEMETAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI INDONESIA BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) MENGGUNAKAN METODE K- MEANS DAN FUZZY C-MEANS. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
06211640000085-Undergraduate_Thesis.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Standar Nasional Pendidikan merupakan salah satu upaya
pemerintah untuk mencapai pemerataan mutu pendidikan. Standar
Nasional Pendidikan meliputi delapan capaian yaitu Standar
Kompetensi Kelulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian,
Standar Pendidik dan Tenaga Pendidik, Standar Sarana dan Prasarana,
Standar Pengelolaan, dan Standar Pembiayaan. Penelitian ini
dilakukan untuk mengelompokkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di
Indonesia berdasarkan SNP menggunakan metode K-means dan Fuzzy
C-Means. Sebelum dilakukan analisis klaster, dilakukan imputasi
missing value menggunakan regresi. Berdasarkan hasil pengelompokan
menggunakan K-Means dan Fuzzy C-Means, diperoleh metode terbaik
adalah K-Means dengan jumlah klaster optimum sebanyak empat
dengan nilai icdrate sebesar 0,4826. Kemudian dilakukan
pengelompokan 514 kabupaten dan kota di Indonesia menggunakan
metode K-Means dengan klaster optimum sebanyak 3. Dimana sebagian
besar kota di Pulau Jawa berada pada klaster kategori sudah memenuhi
SNP sementara klaster belum memenuhi SNP mayoritas berada di
Pulau Kalimantan dan Pulau Papua.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSSt 519.53 Chu p-1 • Chusna, Haniza Annuril |
Uncontrolled Keywords: | Fuzzy C-Means, Imputasi, K-Means, SMP, SNP |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D343 Data mining. Querying (Computer science) |
Divisions: | Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Haniza Annuril Chusna |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 02:46 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 01:07 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/81476 |
Actions (login required)
View Item |