PEMETAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI INDONESIA BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) MENGGUNAKAN METODE K- MEANS DAN FUZZY C-MEANS

Chusna, Haniza Annuril (2020) PEMETAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI INDONESIA BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) MENGGUNAKAN METODE K- MEANS DAN FUZZY C-MEANS. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
06211640000085-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Standar Nasional Pendidikan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai pemerataan mutu pendidikan. Standar Nasional Pendidikan meliputi delapan capaian yaitu Standar Kompetensi Kelulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pendidik dan Tenaga Pendidik, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, dan Standar Pembiayaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengelompokkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Indonesia berdasarkan SNP menggunakan metode K-means dan Fuzzy C-Means. Sebelum dilakukan analisis klaster, dilakukan imputasi missing value menggunakan regresi. Berdasarkan hasil pengelompokan menggunakan K-Means dan Fuzzy C-Means, diperoleh metode terbaik adalah K-Means dengan jumlah klaster optimum sebanyak empat dengan nilai icdrate sebesar 0,4826. Kemudian dilakukan pengelompokan 514 kabupaten dan kota di Indonesia menggunakan metode K-Means dengan klaster optimum sebanyak 3. Dimana sebagian besar kota di Pulau Jawa berada pada klaster kategori sudah memenuhi SNP sementara klaster belum memenuhi SNP mayoritas berada di Pulau Kalimantan dan Pulau Papua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.53 Chu p-1 • Chusna, Haniza Annuril
Uncontrolled Keywords: Fuzzy C-Means, Imputasi, K-Means, SMP, SNP
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D343 Data mining
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Haniza Annuril Chusna
Date Deposited: 28 Aug 2020 02:46
Last Modified: 19 Oct 2020 03:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81476

Actions (login required)

View Item View Item