Muslim, Firmansyah Isa (2020) Desain Interior Gedung SKPB Institut Teknologi Sepuluh Nopember Dengan Konsep Futuristik Ikonik ITS Sebagai Sarana Belajar Interaktif. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
08411340000015-Undergraduate_Thesis.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ITS sebagai Institusi untuk membangun kesadaran kritis dan berfikir kreatif. ITS merupakan tempat yang kondusif untuk belajar dan membedah pengetahuan. Dengan berbagai fasilitas yang ada, hal ini sangat memudahkan mahasiswa untuk mencari pengetahuan yang diinginkannya. Mengingat hal itu, fasilitas di sebuah institusi pendidikan merupakan salah satu bagian penting yang perlu diperhatikan. Keberadaan sarana prasarana ini akan menunjang kegiatan akademik dan non akademik mahasiswa serta mendukung terwujudnya proses perkuliahan yang kondusif. Karakter kawasan gedung SKPB yang kalau ditata dengan baik akan memberikan manfaat lebih maksimal bagi masyarakat kampus dan lingkungan sekitar.
Desain interior adalah salah satu hal yang cukup penting dalam merancangan suatu bangunan, khususnya dalam hal pembangunan ruang kelas. Lingkungan dalam sebuah sarana akademik akan sangat berpengaruh bagi pengguna didalamnya baik dari segi perilaku, sifat, dan pola pikirnya. Di Indonesia bisa dikatakan sedikit sekali sarana akademik seperti sekolah dan kampus yang benar-benar merepresentasikan bidang akademik tersebut. Sebagian besar kurang merespon bangunan atau desain ruang di dalamnya dengan aktivitas pengguna terutama bagi mahasiswa dan dosen. Respon dari bangunan maupun sebuah desain ruang gedung kampus dapat mempengaruhi kualitas aktivitas akademik.
Penerapan tema maupun gaya pada sebuah ruang merupakan salah satu hal krusial yang dipelajari di Program Studi Desain Interior. Seringkali mahasiswa belum bisa memahami dengan baik dan benar saat menerapkan sebuah tema maupun gaya seperti yang diajarkan para dosen dan juga yang terdapat pada literatur, sehinga tak jarang memunculkan perbedaan persepsi antara mahasiswa dan dosen. Mahasiswa harus memperbanyak referensi secara pribadi baik dari literatur maupun studi banding ke tempat yang menerapkan tema dan gaya yang kuat. Hal tersebut membuktikan bahwa visualisasi akan sebuah ruang berperan penting bagi mahasiswa dan juga dosen desain interior.
kampus desain interior memerlukan banyak perbaikan akan fasilitas yang dapat menunjang aktivitas akademik maupun non akademik. Khususnya bagi mahasiswa dan dosen agar saat berjalannya proses belajar mengajar, serta aktivitas diluar jam kuliah dapat terlaksana dan memiliki sarana prasarana yang baik. Melihat kondisi akan sebuah ruang memiliki peran penting untuk dapat memunculkan ambience yang baik bagi aktivitas akademik. Beberapa hal tersebut menarik penulis mengangkat proyek ini. Diharapkan proyek tersebut dapat memperbaiki fasilitas baik ruang kelas, studio, lobby, serta sign system pada Gedung SKPB sekaligus dapat mengedukasi mahasiswa, dosen, serta masyarakat umum dengan penerapan beberapa tema dan gaya yang baik dan benar pada setiap ruangan. Oleh karena itu, Penulis menggunakan konsep interactive learning, experience dan exploration dengan target utama adalah menarik banyak generasi muda untuk berkunjung. Konsep desain ini dihadirkan dalam seluruh elemen interior. Mulai dari penambahan fasilitas, pencahayaan, sirkulasi, teknologi yang digunakan, penyajian visual.
==================================================================================================================ITS as an institution to build a critical awareness and creative thinking. ITS is a conducive place to learn and dissect knowledge. With various facilities, it is very easy for students to find the knowledge he wants. Considering that, facilities in an educational institution are one of the important parts that need to be considered. The existence of this infrastructure will support academic and non academic activities of students and support the realization of a conducive lecture process. The character of the building of the SKPB that is well laid out will provide more benefits for the campus community and the surrounding environment.
Interior design is one of the most important things in designing a building, especially in terms of classroom development. The environment in an academic facility will be very influential for the user in it in terms of behavior, nature, and mindset. In Indonesia, there are very few academic means such as schools and campuses that truly represent the academic field. Most are less responding to building or design space in it with user activities especially for students and lecturers. The response of buildings and a building design of the campus can affect the quality of academic activities.
The application of themes and styles in a space is one of the crucial things studied in the Interior design study Program. Often students can not understand well and correctly when applying a theme or style as taught by the lecturers and also in the literature, so as not infrequently raises the difference of perception between students and lecturers. Students should redistribute references in private both from literature and to comparative study to places that apply strong themes and styles. This proves that the visualization of a space plays an important role for students as well as lecturers of interior design.
The interior design campus requires a lot of improvements in the facilities that can support both academic and non academic activities. Especially for students and lecturers so that during the process of teaching and learning, as well as activities outside the school hours can be done and have good infrastructure. Seeing the condition of a space has an important role to be able to bring up a good ambience for academic activities. Some of these interesting authors took up this project. It is hoped that the project can improve the facilities of the classrooms, studios, lobby, and sign system at the SKPB building and can educate students, lecturers, and the general public with the application of several themes and styles are good and correct in every room. Therefore, authors use the concept of interactive learning, experience and exploration with the main target is attracting many young generations to visit. Starting from the addition of facilities, lighting, circulation, technology used, visual presentation.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ITS, SKPB, UPMB, student, Interior, ITS, SKPB, UPMB, Mahasiswa, Interior |
Subjects: | N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Firmansyah Isa Muslim |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 03:11 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 00:41 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/81491 |
Actions (login required)
View Item |