achmad, baidowi (2020) DESAIN SISTEM MEKANIK UNTUK FLEKSIBILITAS OPERASIONAL PADA PLATFORM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ARUS LAUT (PLTAL). Doctoral thesis, Institut teknologi sepuuh nopember.
Text
disertasi baidowi compressed 3 lagi .pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu teknologi PLTAL adalah turbin arus laut sumbu vertical yang terpasang pada
platform terapung di perairan dalam. PLTAL harus mampu bertahan terhadap beban dinamis
gelombang, arus dan angin. Selain mampu bertahan terhadap beban lingkungan, PLTAL juga
harus dapat beroperasi dengan baik dalam lingkungan laut yang korosif. Untuk memenuhi
kriteria diatas rancangan PLTAL haruslah memenuhi aspek fleksibilitas dalam operasional dan
perawatan. Lengan turbin yaitu penghubung antara turbin dan alternator dimana terdapat system
transmisi mekanis didalamnya. System mekanis yang dimaksud adalah poros, gearbox, joint,
bearing dan bushing. Lengan turbin tersebut harus mampu beroperasi dengan aman dan mudah
dalam hal perawatan tanpa harus membongkar atau memindahkan keseluruhan platform yang
disebut fleksibilitas operasional dan perawatan. Beberapa rancangan yang sudah ada masih
memiliki ruang untuk perbaikan rancangan sehingga perlu adanya suatu rancangan lengan
turbin dan system mekanik didalamnya yang lebih baik.
Permasalahan pertama adalah bagaimana rancangan lengan PLTAL sumbu vertical
dengan dua mode yaitu operasi dan perawatan sehingga memberikan fleksibilitas operasional.
System transmisi mekanis didalamnya harus menjadi pendukung fleksibilitas operasi khusunya
permasalahan lingkungan laut yang korosif. Oleh karena itu permasalahan kedua adalah
bagaimana merancang system transmisi mekanik turbin dari turbin ke alternator untuk
mendukung flexibilitas operasional dan perawatan di lingkungan yang dinamis dan korosif.
Penelitian ini mengambil contoh PLTAL di selat Toyopakeh Bali yang merupakan laut dalam
dan lebar selat yang hanya kurang dari 1km. Berdasarkan pengukuran lapangan arus maksimal
di selat ini adalah 2.4m/s gelombang 2.4m dan angina 22knots. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk merancang lengan turbin yang memiliki mode operasi dan perawatan serta system
mekanik dalam lengan yang mendukung fleksibilitas operasi dan perawatan. Metode yang
v
digunakan untuk merancang lengan turbin dengan menggunakan pemodelan dan simulasi di
perangkat lunak. Sedangkan untuk system mekanik seperti gearbox, joint, bearing
menggunakan juga mengunakan perangkat lunak dan eksperimen. Hasil dari studi adalah
lengan turbin dirancang memiliki dua mode yaitu mode operasi dan perawatan atau standby.
Dimana untuk perawatan turbin lengan cukup diangkat dan dapat diperbaiki di platform.
Evaluasi kekuatan struktur lengan mennjukkan bahwa tegangan maksimal 26.9Mpa masih
berada di bawah tegangn ijin 347.9Mpa. Sedangkan system mekanik baik gearbox, joint dan
bearing ceramic masih memenuhi kriteria tegangan ijin. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah
baik lengan maupun system transmisi mekanik mendukung fleksibilitas operasi dan perawatan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fleksibilitas, Lengan Turbin, System transmisi mekanik |
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures |
Depositing User: | achmad baidowi |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 11:30 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 11:30 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/81535 |
Actions (login required)
View Item |