PEMBUATAN MODEL EVALUASI KESELARASAN TUJUAN PEMANGKU KEBIJAKAN DALAM IMPLEMENTASI E-PERFORMANCE DENGAN METODE KUALITATIF PADA INSTASI KEPEGAWAIAN PEMERINTAHAN DAERAH

Paratama, Azmi (2020) PEMBUATAN MODEL EVALUASI KESELARASAN TUJUAN PEMANGKU KEBIJAKAN DALAM IMPLEMENTASI E-PERFORMANCE DENGAN METODE KUALITATIF PADA INSTASI KEPEGAWAIAN PEMERINTAHAN DAERAH. Masters thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[thumbnail of 05211650012009-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211650012009-Master_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

E-goverment dalam sebuah negara saat ini mempunyai peran yang sangat penting. E-goverment diharapkan memberikan dampak dalam perubahan budaya kerja menjadi lebih efisien yang terbebas dari ketidaktransparanan dan perilaku korupsi, kolusi, dan nepotisme. Salah satu aplikasi yang digunakan dalam ruang lingkup e-government adalah e-performance/e-kinerja. Implementasi E-performance bertujuan untuk meningkatkan kinerja ASN dan mengakomodasi sistem reward dan punishment. Pengimplementasian e-kinerja di Indonesia menjadi sebuah fenomena. Hal ini dibuktikan dengan aplikasi ini sudah mulai diimplentasikan oleh banyak organisasi. Penelitian terdahulu tentang e-kinerja pada menekankan pada hal teknis dan hal-hal yang berhubungan dengan pengguna dan dampak yang dihasilkan. Keberhasilan pengimplementasian e-governmet tidak lepas dari keselarasan tujuan, manfaat untuk stakeholder, dan impact empiris yang didapatkan dalam pengimplementasian aplikasi-aplikasi e-government. Namun fakta dilapangan hal ini tidak sering terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat model yang bisa digunakan untuk mengukur kesuksesan implemeneasi dari sudut pandang keselarasan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengembangan model diperoleh dari fenomena dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini berupa model keselarasan tujuan pemangku kebijakan terhadap manfaat yang dirasakan ASN dan impact empiris diimplementasi e-performance di instansi-instansi pemerintah. Model tersebut dikembangkan dari penelitian sebelumnya yang hanya berfokus pada domain manfaat yang dirasakan pengguna dan impact empiris dengan menambahkan domain baru yaitu tujuan diimplementasikannya e-perfromance oleh pemangku kebijakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-government, e-performance, e-kinerja
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Azmi Pratama
Date Deposited: 28 Aug 2020 05:40
Last Modified: 09 Jan 2024 07:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81594

Actions (login required)

View Item View Item