Arahan Pengembangan Kawasan Little Tokyo, Melawai, Jakarta Selatan Dengan Pendekatan Citra Kawasan

Nurcahya, Ardhito (2020) Arahan Pengembangan Kawasan Little Tokyo, Melawai, Jakarta Selatan Dengan Pendekatan Citra Kawasan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211540000042-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
08211540000042-Undergraduate Thesis.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kawasan Melawai, Jakarta Selatan merupakan kawasan yang dikenal oleh warga DKI Jakarta dengan sebutan Little Tokyo. Kawasan yang terletak di Blok M, Kecamatan Kebayoran Baru ini telah menjadi kawasan hiburan bagi pekerja ekspatriat Jepang di Jakarta serta tempat diselenggarakannya festival kebudayaan Jepang bernama Ennichisai yang membentuk Melawai sebagai destinasi kebudayaan di Jakarta. Munculnya fenomena kawasan etnis di Melawai menciptakan identitas kawasan Melawai sebagai Little Tokyo oleh pengunjung. Isu-isu yang muncul dari lesunya perekonomian di kawasan Melawai terutama di sector kuliner Jepang serta penyelenggaraan terakhir festival Ennichisai di tahun 2019, membuat kawasan ini kehilangan identitasnya sebagai kawasan etnis Jepang di mata pengunjung. Berangkat dari masalah tersebut, perlu adanya studi untuk mengidentifikasi identitas kawasan Melawai serta peningkatan potensi kawasan ini sebagai destinasi kebudayaan etnis di DKI Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan arahan pengembangan kawasan Little Tokyo berdasarkan pendekatan citra kawasan. Untuk mencapai tujuan tersebut, terdapat beberapa sasaran penelitian yang harus dicapai, yaitu (1) Mengidentifikasi faktor fisik dan non-fisik pembentuk citra Kawasan yang mempengaruhi munculnya kawasan Little Tokyo dengan menggunakan metode cognitive mapping, dan (2) Merumuskan arahan pengembangan kawasan Little Tokyo, Jakarta Selatan melalui penguatan/intervensi elemen pembentuk citra Kawasan. Pengambilan data menggunakan metode wawancara in-depth dan metode cognitive mapping untuk menghimpun persepsi pengunjung dan warga lokal mengenai citra kawasan Little Tokyo.
Hasil yang ditemukan dari penelitian ini adalah factor fisik terbentuknya kawasan Little Tokyo adalah lokasinya yang terpusat di kawasan Melawai dan didukung oleh transportasi yang memadai, serta factor non-fisik yang membentuk kawasan terdiri dari kelompok etnis yang memiliki kegiatan usaha serta perayaan Ennichisai yang diadakan tiap tahun. Dari hasil cognitive mapping serta content analysis, arahan pengembangan kawasan Little Tokyo yang dirumuskan dari elemen pembentuk citra kawasan mengusung konsep kawasan Little Tokyo sebagai destinasi kawasan etnis yang mendukung kegiatan kebudayaan serta kegiatan usaha etnis di Jakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: ethnic enclave, little tokyo, kebudayaan, kawasan little tokyo, kawasan melawai, kawasan etnis
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155 Tourism
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ardhito Nurcahya
Date Deposited: 29 Aug 2020 04:31
Last Modified: 08 Jan 2024 04:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81631

Actions (login required)

View Item View Item