Pengembangan Model Penentuan Dan Penjadwalan Iklan (Paid-Promoting) Pada Akun Pengguna Media Sosial Instagram

Nuswandari, Aldhila Isti (2020) Pengembangan Model Penentuan Dan Penjadwalan Iklan (Paid-Promoting) Pada Akun Pengguna Media Sosial Instagram. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411750030016_Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
02411750030016_Master_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jumlah pengguna media sosial yang sangat besar di Indonesia merupakan peluang bagi para pelaku usaha yang akan beriklan maupun bagi penyedia iklan digital. Media sosial merupakan teknik yang paling populer dan salah satu cara yang paling efisien biaya untuk beriklan dan berkomunikasi. Salah satu media sosial yang popular adalah Instagram. Instagram merupakan media sosial kedua terbanyak yang diakses oleh pengguna internet di Indonesia. Penyedia layanan iklan digital membutuhkan suatu cara dalam peluang mengoptimalkan pendapatan dan laba, salah satunya dengan melakukan penentuan dan penjadwalan iklan yang akan ditayangkan. Penelitian yang membahas permasalahan penentuan dan penjadwalan iklan pada media sosial masih sangat jarang, sehingga penelitian ini akan berfokus pada permasalahan penentuan dan penjadwalan iklan di media sosial khususnya Instagram. Model pada penelitian menghasilkan jumlah iklan yang ditayangkan pada satu spot iklan sejumlah satu buah iklan. Penelitian menunjukkan bahwa iklan yang dipilh adalah iklan dengan harga paling tinggi dari masing-masing kategori dan waktu tayang sehingga dapat memaksimalkan pendapatan pihak penyiar. Penetapan harga yang dikenakan untuk satu iklan didasarkan pada kategori bisnis yang memperoleh online engagement paling besar dan waktu penayangan iklan dengan permintaan paling besar. Kategori bisnis dengan online engagement paling besar adalah kategori bisnis kuliner dan waktu tayang dengan permintaan paling besar yaitu pada hari Jumat dari pukul 11.30 sampai dengan pukul 19.30.
==================================================================================================================
The very large number of social media users in Indonesia is an opportunity for business people who will advertise as well as for digital advertising providers. Social media is the most popular technique and one of the most cost efficient ways to advertise and communicate. One of the popular social media is Instagram. Instagram is the second most widely accessed social media by internet users in Indonesia. Digital advertising service providers need a way to optimize revenue and profit opportunities, one of which is by selecting and scheduling the advertisements to be displayed. Research that discusses the problem of selecting and scheduling advertisements on social media is still very rare, so this research will focus on the problem of selecting and scheduling ads on social media, especially Instagram. The model in this study resulted in the number of advertisements displayed on one advertising spot as many as one ad. Research shows that the advertisement selected is the advertisement with the highest price from each category and broadcast time so as to maximize the revenue of the broadcaster. The price charged for an ad is based on the business category that gets the most online engagement and the time when the ad is in the highest demand. The business category with the greatest online engagement is the culinary business category and broadcast time with the greatest demand, which is on Fridays from 11.30 to 19.30.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: periklanan, media sosial, promosi berbayar, menajemen pendapatan, penjadwalan, advertising, social media, paid-promote, revenue management, scheduling
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD69.T54 Time management. Scheduling
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: ALDHILA ISTI NUSWANDARI
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:17
Last Modified: 10 Jan 2024 07:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81676

Actions (login required)

View Item View Item