PENYUSUNAN MODEL PENGUKURAN DIMENSI SMART BRANDING PADA SMART CITY DI INDONESIA

Rohman, Taufiqur Rohman (2020) PENYUSUNAN MODEL PENGUKURAN DIMENSI SMART BRANDING PADA SMART CITY DI INDONESIA. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211850010011-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211850010011-Master_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Smart city atau kota cerdas di Indonesia dibentuk oleh enam dimensi, salah satunya adalah smart branding. Yang dimaksud smart branding pada smart city Indonesia adalah inovasi dalam memasarkan daerah sehingga mampu meningkatkan daya saing daerah dengan mengembankan tiga elemen, yaitu pariwisata (tourism), bisnis (business), dan wajah kota (appearance). Meskipun demikian, belum ada alat ukur yang dijadikan acuan untuk menilai atau mengukur capaian smart branding pada kota cerdas di Indonesia, dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk menyusun alat ukur yang akan digunakan untuk mengukur atau menilai implementasi smart brading pada kota cerdas di Indonesia. Penyusunan alat ukur dimulai dari penyusunan indikator pada setiap aspek smart branding. Indikator didapatkan dari studi pustaka pada penelitan terdahulu dan wawancara langsung kepada pengunjung sebuah kota wisata yakni kota Yogyakarta. Validasi indikator dilakukan dengan face validity dan faktor analisis. Face validity dilakukan oleh pihak Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gresik dan pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik. Faktor analisis dilakukan dengan perhitungan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan aplikasi AMOS. Dari validasi yang dilakukan, didapatkan 39 indikator dengan rincian 21 indikator pada sub-dimensi tourism, 10 indikator pada sub-dimensi business, dan 8 indikator pada sub-dimensi appearance. Indikator yang sudah divalidasi digunakan untuk menyusun alat ukur. Alat ukur yang dikembangkan mengadopsi konsep capability maturity model (CMM). Sedangkan kategori dari hasil pengukuran dikategorikan menurut index SPBE (sistem pemerintahan berbasis elektronik). Alat ukur yang dikembangkan diujikan pada salah satu kota cerdas di Indonesia yakni Kabupaten Gresik. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa smart branding di Kabupaten Gresik termasuk dalam kategori cukup. Hasil pengukuran smart branding dikonfirmasi oleh pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik dan pihak pengamat pariwisata dan brand kota dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI). Hasil pengukuran smart brading kabupaten gresik yang dilakukan dinyatakan sudah sesuai dan dapat menggambarkan keadaan branding di kabupaten gresik, hal ini dinyatakan baik oleh pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik maupun pihak HPI, sehingga dapat disimpulkan bahwa alat ukur yang dihasilkan pada penelitian ini benar dan dapat digunakan untuk mengukur smart branding di Indonesia.

Keywords: Smart City; Smart Branding; Indikator penilaian, Model pengukuran;

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Smart City; Smart Branding; Indikator penilaian, Model pengukuran; Smart City; Smart Branding; Assessment indicators, measurement models.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: TAUFIQUR ROHMAN
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:27
Last Modified: 09 Jan 2024 08:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81689

Actions (login required)

View Item View Item