Pengembangan Ad-hoc On demand Distance Vector (AODV) dengan Konsep Power and Delay Aware di Lingkungan dengan Energi yang Heterogen pada Mobile Ad-hoc Network (MANET)

Hanan, Ahmad (2020) Pengembangan Ad-hoc On demand Distance Vector (AODV) dengan Konsep Power and Delay Aware di Lingkungan dengan Energi yang Heterogen pada Mobile Ad-hoc Network (MANET). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440007005_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111440007005_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mobile Ad-hoc Network (MANET) atau jaringan Mesh adalah sebuah jaringan yang terdiri dari banyak node bergerak yang saling berkomunikasi satu sama lain. Jaringan MANET memiliki karakteristik berupa topologi yang bersifat dinamis dan terbatasnya energi baterai yang dimiliki oleh node bergerak. Ada beberapa masalah yang ditimbulkan karena habisnya energi baterai suatu node yang bisa menyebabkan rusaknya rute pada jaringan MANET. Masalah-masalah itu di antaranya adalah hilangnya paket; node akan menginisialisasi route discovery atau pencarian rute ulang, sehingga menyebabkan banyaknya konsumsi bandwith, meningkatkan delay, dan mengurangi throughput. AODV merupakan salah satu routing protocol yang termasuk dalam klasifikasi reactive routing protocol, sebuah protokol yang hanya akan membuat rute ketika node sumber membutuhkannya. AODV memiliki dua fase, yaitu route discovery dan route maintenance. Route discovery digunakan untuk meminta dan meneruskan informasi rute yang terdiri dari proses pengiriman Route Request (RREQ) dan Route Reply (RREP), sedangkan route maintenance digunakan untuk mengetahui informasi adanya kesalahan pada rute. Pada fase ini terdapat proses pengiriman Route Error (RERR). Dalam tugas akhir ini, telah dilakukan studi kinerja jaringan MANET dengan menggunakan menggunakan energi yang heterogen dengan menggunakan routing protocol baru bernama Power and Delay-aware Multi-path Routing Protocol (PDMRP) yang memperbaiki kekurangan dari Stable Path Routing Protocol based on Power Awareness (SPR), dan Modified Ad-hoc On-Demand Distance Vector Routing Protocol (MAODV) dalam segi throughput, end-to-end delay, dan loss rate.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: MANET, AODV, PDMRP, NS2, AWK
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA158.7 Computer network resources
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.5956 Quality of service. Reliability Including network performance
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ahmad Hanan
Date Deposited: 03 Sep 2020 07:03
Last Modified: 09 Jan 2024 08:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81743

Actions (login required)

View Item View Item