Perencanaan Ulang Jembatan Lemah Ireng ( Ungaran – Bawen ), Kabupaten Semarang Dengan Sistem Cable Stayed Single Plane

Nugrahanto, Fransisko Murdiono (2014) Perencanaan Ulang Jembatan Lemah Ireng ( Ungaran – Bawen ), Kabupaten Semarang Dengan Sistem Cable Stayed Single Plane. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3112105042-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3112105042-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

infrastruktur jembatan merupakan infrastruktur yang
penting dalam transportasi darat. Menghubungkan berbagai
rintangan yang ada, seperti : sungai, lembah, dan lain sebagainya.
Sebagai salah satu infrastruktur transportasi darat jembatan
mempunyai peranan yang sangat vital dalam perekonomian.
Jembatan lemah ireng merupakan jembatan TOL yang berada pada
ruas tol Semarang – Solo.
Jembatan ini didesain dengan menggunakan system gelagar
orthotropic, di gantungkan pada pylon dengan menggunakan
sistem cable stayed single plane, memiliki 2 bentang. 212 m pada
sisi bawen dan 180 pada sisi ungaran. Mempunyai lebar 27.2
meter, didesain untuk 4 lajur kendaraan dalam 2 arah. Material
yang digunakan yaitu baja dan VSL 7 – wire strand pada bagian
kabel.
Perencanaan ini dianalisa dengan menggunakan program
bantu MIDAS/Civil 2006 V7.0.1 untuk menganalisa prilaku
keseluruhan struktur. Program MIDAS digunakan untuk
mengetahui prilaku struktur dari jembatan pada saat diberikan
beban.
Hasil dari perencanaan ini adalah didapatkan dimensi
struktur lantai kendaraan, kabel dan angker, pylon, serta pondasi,
dengan menggunakan acuan peraturan, SNI T-02-2005, SNI T-032005.
Selain
itu
stabilitas
jembatan
terhadap
angin
juga
dikontrol

menggunakan
metode
ASD
(Allowable
Stress
Design
)
==============================================================================================
Bridge infrastructure is main land transportation
infrastructure which connecting many kind of obstacle such as;
river, valley and etc. As a land transportation infrastructure,
bridge have a big role in economic system. Lemah Ireng Bridge is
highway bridge part of Semarang – Solo toll roads.
The bridge designing by using orthotropic deck system, the
deck hanged on pylon using cable stayed single plane system,
consist two main span 212 m span in Bawen side and 180 m in
Ungaran side. 27.2 m wide of the deck designing for 4 lane traffic
in two way. Using steel in entire structure and VSL 7 – wire strand
for the cable.
The bridge design analyze by using MIDAS/Civil 2006
V7.01 software, this program use to know the behavior of the
brigde structure when the bridge loaded.
Results from this design are dimention of deck structure,
cable and anchor and pylon, this design use some code such as ,
RSNI T-12-2004, RSNI T-02-2005, RSNI T-03-2005, stability of
bridge also control by ASD method (Allowable Stress Design )

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.23 Nug p
Uncontrolled Keywords: Jembatan, cable stayed, single planes system, , orthotropic
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 08 Sep 2020 05:24
Last Modified: 08 Sep 2020 05:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81826

Actions (login required)

View Item View Item