Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Dan Simpang Pada Jalan Arief Rachman Hakim Kota Surabaya Dengan Atau Tanpa Pelebaran Menggunakan Box Culvert

Candrasari, Karina and Kurniawati, Diana Dwi (2016) Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Dan Simpang Pada Jalan Arief Rachman Hakim Kota Surabaya Dengan Atau Tanpa Pelebaran Menggunakan Box Culvert. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113030047-3113030052-Non_Degree_Thesis.pdf]
Preview
Text
3113030047-3113030052-Non_Degree_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Jalan Arief Rachman Hakim (Simpang Bersinyal Jl. Ir.
Soekarno – Jl. Arief Rachman Hakim) sampai dengan (Simpang
Tak Bersinyal Jl Galaxy Klampis Baru – Jl. Arief Rachman
Hakim) untuk saat ini kondisinya sudah mengalami kemacetan
pada jam-jam sibuk, baik pagi siang maupun sore. Hal ini
disebabkan karena banyaknya pembangunan gedung-gedung baru
diantaranya apartemen, perkantoran, dan kampus di kawasan
tersebut, yang tentunya akan memberikan beban lalu lintas
tambahan di beberapa persimpangan dan ruas jalan di sekitar
wilayah bangunan tersebut. Dari permasalahan di atas, diperlukan
adanya analisa dan evaluasi kinerja lalu lintas, yaitu
denganpelebaran segmen jalan menggunakan box culvert.
Analisa kinerja segmen jalan dan simpang pada studi ini
berdasarkan MKJI 1997 dan bantuan software KAJI untuk tahun
2016 dan jangka waktu 5 tahun kedepan tahun 2021. Analisa
perhitungan diawali dengan pengumpulan data primer meliputi
survey lapangan dan geometrik, serta data sekunder berupa data
jumlah penduduk, data tata guna lahan dan data pertumbuhan
kendaraan yang diperoleh dari Dispenduk Capil, Badan Perencanaan dan Pembangunan (BAPPEKO), dan Dinas
Perhubungan Kota Surabaya.
Dari hasil evaluasi kinerja eksisting 2016-2021 pada
kondisi eksistinguntuk salah satu simpang tak bersinyal( Jl Arief
R Hakim – Pintu Masuk Araya ) mencapai nilai DS 1,317> 0,75
dengan peluang antrian berkisar |72% - 149%| pada tahun 2018,
untuk simpang bersinyal sudah memiliki tingkat pelayanan Fpada
tahun 2016. Sedangkan, untuk segmen jalan kondisi
eksistingtahun 2021 nilai DS 0,97> 0,75 pada salah satu segmen
(Jl Arief R Hakim IV) dengan tingkat pelayanan E. Berdasarkan
hasil analisa tersebut perbaikan kinerja simpang tak bersinyal,
simpang bersinyal dan segmen adalah dilakukannya pelebaran
jalan dengan menutup saluran (Simpang bersinyal pendekat timur
– depan Univesitas WR Supratman), perencanaan U-Turn dan
pengalihan arus lalu lintas. Sehingga, dengan diadakannya
alternatif perbaikan tersebut maka kinerja keenam simpang dan
segmen jalan Arief Rachman Hakim dapat ditingkatkan untuk
jangka waktu 5 tahun (2017-2021).Hasil setelah perbaikan untuk
segmen jalan adalah memiliki tingkat pelayanan B dan nilai DS
0,437 < 0,75 , sedangkan untuk simpang tak bersinyal (Jl Arief R
Hakim – Jl Gebang Lor) memiliki nilai DS 0,62 < 0,75 pada
tahun 2021. Simpang bersinyal setelah perbaikan memiliki nilai
pelayanan F namun nilai DS mengalami penurunan.
==================================================================================================================
Jalan Arief Rachman Hakim ( Signalized intersection Jl.
Ir Soekarno – Jl Arief Rachman Hakim) until ( Un signalized
intersection Jl Galaxy Klampis Baru – Jl Arief Rachman Hakim),
nowadays their conditions of traffic is exceed the limits in the
peak hours (morning, afternoon and evening). This is caused by
many construction of a new buildings like apartment, school,
office, and university. It is give an impact for the traffic flow in
the intersections and roads around the location of construction.
From that case, it is needed to analysis and evaluation for
performance of traffic flow with enlargement segment roads use
box culvert.
Analysis perform segment roads and intersections this
studies base from MKJI 1997 and software KAJI for 2016 and
five years later (2017-2021). Count analysis start with collection
of primary data like data of survey area and geometric, secondary
data like data of population, land use and accretion of vehicle
which got from Dispenduk Capil, Badan Perencanaan dan
Pembangunan (BAPPEKO) Kota Surabaya, and Dinas
Perhubungan Kota Surabaya From the result of evaluation performance from 2016 -
2021 existing conditions from unsignalized intersection ( Jl Arief
R Hakim – Pintu Masuk Araya) reach on DS 1,317 > 0,75
with(QP) |72% - 149%| on 2018, for signalized intersections get
Level of Service (LOS) F. For existing condition of segment roads
on 2021 get 0,97> 0,75 at one of segment roads (Jl Arief R Hakim
IV) with LOS E. Based from that analyzed result, improving
performance of unsignalized intersections, signal intersections
and segment roads are do an enlargement roads with closed the
channel (Signal intersection approach of East – in front of
Universitas WR Supratman), planning U-Turn and diversion of
traffic current. By held that improvement, so that six intersections
and segments jalan Arief Rachman Hakim could be increase for 5
years later (2017 – 2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 388.413 12 Can e
Uncontrolled Keywords: Simpang Arief Rachman Hakim; pelebaran box culvert
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:54
Last Modified: 16 Sep 2020 02:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81946

Actions (login required)

View Item View Item