Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Dan Simpang Pada Jalan Arief Rachman Hakim Kota Surabaya Dengan Atau Tanpa Pelebaran Menggunakan Box Culvert

Candrasari, Karina and Kurniawati, Diana Dwi (2016) Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Dan Simpang Pada Jalan Arief Rachman Hakim Kota Surabaya Dengan Atau Tanpa Pelebaran Menggunakan Box Culvert. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3113030047-3113030052-Non_Degree_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Jalan Arief Rachman Hakim (Simpang Bersinyal Jl. Ir. Soekarno – Jl. Arief Rachman Hakim) sampai dengan (Simpang Tak Bersinyal Jl Galaxy Klampis Baru – Jl. Arief Rachman Hakim) untuk saat ini kondisinya sudah mengalami kemacetan pada jam-jam sibuk, baik pagi siang maupun sore. Hal ini disebabkan karena banyaknya pembangunan gedung-gedung baru diantaranya apartemen, perkantoran, dan kampus di kawasan tersebut, yang tentunya akan memberikan beban lalu lintas tambahan di beberapa persimpangan dan ruas jalan di sekitar wilayah bangunan tersebut. Dari permasalahan di atas, diperlukan adanya analisa dan evaluasi kinerja lalu lintas, yaitu denganpelebaran segmen jalan menggunakan box culvert. Analisa kinerja segmen jalan dan simpang pada studi ini berdasarkan MKJI 1997 dan bantuan software KAJI untuk tahun 2016 dan jangka waktu 5 tahun kedepan tahun 2021. Analisa perhitungan diawali dengan pengumpulan data primer meliputi survey lapangan dan geometrik, serta data sekunder berupa data jumlah penduduk, data tata guna lahan dan data pertumbuhan kendaraan yang diperoleh dari Dispenduk Capil, Badan Perencanaan dan Pembangunan (BAPPEKO), dan Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Dari hasil evaluasi kinerja eksisting 2016-2021 pada kondisi eksistinguntuk salah satu simpang tak bersinyal( Jl Arief R Hakim – Pintu Masuk Araya ) mencapai nilai DS 1,317> 0,75 dengan peluang antrian berkisar |72% - 149%| pada tahun 2018, untuk simpang bersinyal sudah memiliki tingkat pelayanan Fpada tahun 2016. Sedangkan, untuk segmen jalan kondisi eksistingtahun 2021 nilai DS 0,97> 0,75 pada salah satu segmen (Jl Arief R Hakim IV) dengan tingkat pelayanan E. Berdasarkan hasil analisa tersebut perbaikan kinerja simpang tak bersinyal, simpang bersinyal dan segmen adalah dilakukannya pelebaran jalan dengan menutup saluran (Simpang bersinyal pendekat timur – depan Univesitas WR Supratman), perencanaan U-Turn dan pengalihan arus lalu lintas. Sehingga, dengan diadakannya alternatif perbaikan tersebut maka kinerja keenam simpang dan segmen jalan Arief Rachman Hakim dapat ditingkatkan untuk jangka waktu 5 tahun (2017-2021).Hasil setelah perbaikan untuk segmen jalan adalah memiliki tingkat pelayanan B dan nilai DS 0,437 < 0,75 , sedangkan untuk simpang tak bersinyal (Jl Arief R Hakim – Jl Gebang Lor) memiliki nilai DS 0,62 < 0,75 pada tahun 2021. Simpang bersinyal setelah perbaikan memiliki nilai pelayanan F namun nilai DS mengalami penurunan. ================================================================================================================== Jalan Arief Rachman Hakim ( Signalized intersection Jl. Ir Soekarno – Jl Arief Rachman Hakim) until ( Un signalized intersection Jl Galaxy Klampis Baru – Jl Arief Rachman Hakim), nowadays their conditions of traffic is exceed the limits in the peak hours (morning, afternoon and evening). This is caused by many construction of a new buildings like apartment, school, office, and university. It is give an impact for the traffic flow in the intersections and roads around the location of construction. From that case, it is needed to analysis and evaluation for performance of traffic flow with enlargement segment roads use box culvert. Analysis perform segment roads and intersections this studies base from MKJI 1997 and software KAJI for 2016 and five years later (2017-2021). Count analysis start with collection of primary data like data of survey area and geometric, secondary data like data of population, land use and accretion of vehicle which got from Dispenduk Capil, Badan Perencanaan dan Pembangunan (BAPPEKO) Kota Surabaya, and Dinas Perhubungan Kota Surabaya From the result of evaluation performance from 2016 - 2021 existing conditions from unsignalized intersection ( Jl Arief R Hakim – Pintu Masuk Araya) reach on DS 1,317 > 0,75 with(QP) |72% - 149%| on 2018, for signalized intersections get Level of Service (LOS) F. For existing condition of segment roads on 2021 get 0,97> 0,75 at one of segment roads (Jl Arief R Hakim IV) with LOS E. Based from that analyzed result, improving performance of unsignalized intersections, signal intersections and segment roads are do an enlargement roads with closed the channel (Signal intersection approach of East – in front of Universitas WR Supratman), planning U-Turn and diversion of traffic current. By held that improvement, so that six intersections and segments jalan Arief Rachman Hakim could be increase for 5 years later (2017 – 2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 388.413 12 Can e
Uncontrolled Keywords: Simpang Arief Rachman Hakim; pelebaran box culvert
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:54
Last Modified: 16 Sep 2020 02:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81946

Actions (login required)

View Item View Item