Pengembangan Kerangka Kerja Untuk Implementasi Lean Pada Usaha Kecil dan Menengah Indonesia

Amin, Fatma Nadia (2020) Pengembangan Kerangka Kerja Untuk Implementasi Lean Pada Usaha Kecil dan Menengah Indonesia. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411650012009-master_thesis.pdf]
Preview
Text
02411650012009-master_thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banyak negara yang telah menerapkan lean manufacturing dan memperlihatkan hasil yang signifikan. Namun para ahli berpendapat bahwa konsep lean tidak hanya dipakai pada perusahaan besar tetapi juga dapat dilakukan di UKM. Beberapa UKM di dunia juga telah mengadopsi konsep lean, akan tetapi banyak terjadi kegagalan saat implementasi. Hal ini dikarenakan karena kurangnya kerangka kerja implementasi lean. Beberapa peneliti telah membuat kerangka kerja khusus untuk implementasi lean di UKM. Namun masih tampak kesenjangan tentang kerangka kerja yang sederhana dalam implementasi lean untuk UKM secara memadai dengan mempertimbangkan kebutuhan spesifik dan persyaratan UKM berdasarkan batasannya. Untuk mendorong implementasi lean pada UKM di Indonesia, perlu adanya kerangka kerja yang sederhana dan mudah dipahami UKM. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan kerangka kerja implementasi lean untuk UKM Indonesia. Pertama- tama yang harus dilakukan adalah menentukan tahapan kerangka kerja berdasarkan studi literatur yang telah dilakukan, selanjutnya mengembangkan dan memilih langkah-langkah implementasi yang dilakukan ahli dengan menggunakan kuesioner, yang terakhir adalah membuat struktur kerangka dengan menggunakan metode Interpretive Structural Modelling (ISM). Studi ini mengusulkan kerangka kerja dengan 3 tahapan yaitu persiapan, desain dan implementasi serta 25 langkah-langkah terlihat bahwa langkah utama yang harus diprioritaskan adalah komitmen manajemen dan kepemimpinan, keterlibatan karyawan serta memahami definisi lean manufacturing dan pemborosan. Langkah-langkah yang kurang diprioritaskan adalah keterlibatan pelanggan dan perubahan budaya organisasi.

========================================================

Many countries have implemented lean manufacturing and shown significant results. However, experts argue that the lean concept is not only used in large companies but can also be applied to SMEs. Some SMEs in the world have adopted the lean concept, but there are many failures during the implementation. This is due to a lack of a lean implementation framework. Several researchers have developed specific frameworks for lean implementation in SMEs. However, there are still gaps in the simple framework for implementing lean for SMEs adequately considering the specific needs and requirements of SMEs based on the boundaries. To encourage the implementation of lean in SMEs in Indonesia, it is necessary to have a framework that is simple and easy for SMEs to understand. Therefore, this study aims to propose a lean implementation framework for Indonesian SMEs. The first is to determine the stages of the framework based on the literature studies that have been carried out, then develop and select implementation steps carried out by experts using a questionnaire, and the last is to make a framework structure using the Interpretive Structural Modeling (ISM) method. This study proposes a framework with 3 stages, they are the preparation stage, design and implementation stage, and 25 steps. The main steps that must be prioritized are management and leadership commitment, employee involvement, and understanding the definition of lean manufacturing and waste. The steps that are not given priority are customer engagement and change in organizational culture.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lean manufacturing, UKM , Kerangka kerja lean, Implementasi lean. manufacturing, SME, Lean framework, Lean implementation
Subjects: T Technology > TS Manufactures
T Technology > TS Manufactures > TS176 Manufacturing engineering. Process engineering (Including manufacturing planning, production planning)
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Fatma Nadia Amin
Date Deposited: 16 Sep 2020 06:25
Last Modified: 11 Jan 2024 13:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81950

Actions (login required)

View Item View Item