RANCANG BANGUN REAKTOR FOTOKATALIS TIO2 TIPE PLUG FLOW DENGAN MENGGUNAKAN SUSUNAN SUBSTRAT SPIRAL SEBAGAI FOTODEGRADATOR METILEN BIRU DENGAN SENSOR DEGRADASI REALTIME

Fadilah, Rosul (2020) RANCANG BANGUN REAKTOR FOTOKATALIS TIO2 TIPE PLUG FLOW DENGAN MENGGUNAKAN SUSUNAN SUBSTRAT SPIRAL SEBAGAI FOTODEGRADATOR METILEN BIRU DENGAN SENSOR DEGRADASI REALTIME. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
DRAFT M ROSUL FIX.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Titanium dioksida (TiO2) yang digunakan untuk mendegradasi larutan metilen biru perlu difabrikasi dalam bentuk substrat agar dapat digunakan secara berulang. Penelitian ini bertujuan merancang reaktor fotokatalisis tipe plug flow dengan instalasi O2 catcher sebagai media fotodegradasi Metilen biru secara realtime, mengukur tingkat degradasi limbah industri metilen biru dengan sensor fotodioda dalam reaktor fotokatalis, serta membandingkan pengaruh substrat tipe spiral dengan substrat tipe mendatar dalam efektivitas reaksi fotokatalisis. Fabrikasi substrat menggunakan komposisi campuran TiO2: PEG 4000: resin: hardener adalah 3:1:3:1,3 yang dilapiskan dengan kuas pada media kain kasa nilon. Substrat tersebut digunakan dalam reaktor fotokatalisis tipe plug flow, yaitu reaktor degradasi limbah cair secara sirkulasi menggunakan fotokatalis. Proses fotokatalisis memerlukan oksigen sebagai media pembawa elektron sehingga ditambah instalasi O2 catcher sebagai pengikat oksigen bebas dari udara. Larutan yang digunakan adalah 5liter Metilen biru 5ppm dengan lampu TL-UV sebagai sumber cahaya. Degradasi zat warna diukur menggunakan Spektrofotometer UV-Vis dan sensor fotodioda. Analisis akurasi hasil perhitungan konsentrasi dari output sensor fotodioda lalu dibandingkan dengan hasil perhitungan konsentrasi berdasar output spektrofotometer. Parameter yang digunakan untuk menentukan akurasi ialah koreksi rata – rata, dan koreksi relatif rata – rata. Degradasi terbesar menurut hasil perhitungan output fotodioda terjadi pada 2 jam pertama yaitu sebesar 31,90%. Sementara itu, menurut hasil perhitungan output Spektrofotometer degradasi terbesar pada 3 jam pertama dengan degradasi sebesar 44,22%. Laju reaksi terbesar menurut hasil perhitungan output spektrofotometer dan fotodioda terjadi pada 2 jam pertama dengan puncaknya pada jam ke 2 yang masing masing nilai nya sebesar 21,83% dan 23,38%. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa Penataan Substrat Spiral lebih efektif dalam meningkatkan prosentase degradasi dan memiliki laju reaksi yang lebih cepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metilen biru, Fotokatalisis, Reaktor Plug Flow, Titanium dioksida
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD716 Photocatalysis.
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD433 Water treatment plants
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Physics > 45201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Moh Rosul
Date Deposited: 23 Sep 2020 23:13
Last Modified: 23 Sep 2020 23:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82026

Actions (login required)

View Item View Item