Analisa Gaya Pengereman Dan Energi Yang Dibangkitkan Dengan Porsi Regenerative Braking

Wijaya, Gito (2014) Analisa Gaya Pengereman Dan Energi Yang Dibangkitkan Dengan Porsi Regenerative Braking. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111106019-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2111106019-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu keunggulan dari Hybrid Electrical Vehicle
adalah fitur Regenerative Braking. Regenerative Braking adalah
proses pengereman oleh sistem pengereman elektrik yang
mengakibatkan kendaraan mengalami penurunan kecepatan dan
kemudian menyerap energi kinetik yang mengalir pada kendaraan
tersebut, lalu dikonversikan menjadi energi listrik oleh generator.
Agar dapat menyerap energi kinetik yang besar namun tidak
mengurangi kinerja sistem pengereman maka kita harus
menenetukan porsi regenerative braking yang baik, untuk itu perlu
diketahui distribusi pengereman ideal dan distribusi pengereman
minimum yang akan dibentuk menjadi suatu kurva pengereman.
Pada Tugas Akhir ini dilakukan analisa distribusi
pengereman ideal, distribusi pengereman minimum berdasarkan

ECE braking regulation dan analisa porsi pengereman elektrik-
mekanik dimana sistem pengereman elektrik akan didesain selalu

beroperasi di awal proses pengereman hingga batas pengereman
tertentu yang kemudian dilanjutkan oleh sistem pengereman
mekanik, serta pemodelan kinerja sistem regenerative braking
pada kendaraan untuk dapat mengetahui besarnya torsi, daya dan
energi yang bisa dibangkitkan oleh desain regenerative braking
tersebut dalam 1 siklus driving cycle NEDC.
Dari penelitian ini didapatkan porsi regenerative braking
sebesar 0.03g pada roda bagian depan saat tahap awal pengereman
sebagai rasio yang baik, kemudian menggunakan generator yang
mampu mengkonversikan daya sebesar 3kW. Rasio pengereman
mekanik pada roda bagian depan sebesar 0.65g dengan torsi
pengereman 1111.04136Nm, sedangkan rasio pengereman
mekanik pada roda bagian belakang sebesar 0.22g dengan torsi
pengereman 376.0447768Nm. Dengan menggunakan desain
pengereman elektrik dan mekanik yang telah dilakukan
perhitungan dan analisa pada driving cycle NEDC, didapatlah
energi bangkitan sebesar 0.089kW/h
===================================================================================================================
One of the advantages of Hybrid Electrical Vehicle is
Regenerative Braking feature. Regenerative braking is braking
process by an electric braking system resulting in decreased
vehicle speed then absorb the kinetic energy that is flowing on the
vehicle and converted into electrical energy by the generator. In
order to absorb large kinetic energy but does not reduce the
performance of the braking system then we have to determine good
regenerative braking portion, it is necessary to know the
distribution of ideal braking and braking minimum distributions to
be formed into a braking curve.
This Final Project are perform analysis of ideal braking
distribution, minimum braking distribution based on ECE braking
regulation and analysis of electrical-mechanical braking portion
where the electric braking system will always be designed to
operate at the beginning of the braking process to limit certain
braking then followed by a mechanical braking system and
modeling performance of regenerative braking systems on the
vehicle to ascertain the magnitude of the torque, power and energy
that can be generated by the design of the regenerative braking in
NEDC driving cycle.
From this study, obtained a portion of 0.03g regenerative
braking on the front wheels when early braking stages as the good
ratio, then use a generator that is able to convert the power of 3kW.
Ratio of the mechanical braking on the front wheels is 0.65g with
1111.04136Nm braking torque, while ratio of mechanical braking
on the rear wheels is 0.22g with 376.0447768Nm braking torque.
By using the design of electrical and mechanical braking which has
been done the calculation and analysis on NEDC driving cycle,
obtained the energy generated by 0.089kW/h.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.246 Wij a 3100014056660
Uncontrolled Keywords: distribusi pengereman, regenerative braking, ECE braking regulation, energi bangkitan.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 28 Sep 2020 02:23
Last Modified: 28 Sep 2020 02:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82043

Actions (login required)

View Item View Item