Pembuatan Alat Pengukur Denyut Jantung Berbasis Arduino Dengan Sensor Photodioda-LED

Candra Faisal Rakhman, Fais (2014) Pembuatan Alat Pengukur Denyut Jantung Berbasis Arduino Dengan Sensor Photodioda-LED. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
TA UPLOAD.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (651kB) | Request a copy

Abstract

Alat pengukur sinyal kelistrikan jantung yang disebut Elektrokardiografi saat telah mulai dikembangkan dalam ukuran yang kecil. Maka Rancang bangun alat pengukur denyut jantung berbasis mikrokontrole Arduino adalah alat yang bertujuan untuk mengukur sinyal kelistrikan jantung dengan ukuran yang kecil atau portable. Dalam perancangan ini menggunakan sensor penerima photodioda dan alat menggunakan rangkaian penguat instrument. Dari alat yang dibuat telah dapat menangkap sinyal kelistrikan dari jantung. Dengan menggunakan rangkaian penguat instrument. Ada banyak cara untuk mengetahui kondisi jantung sebagai organ vital dalam tubuh kita. Salah satunya dengan Photoplethysmograph (PPG). Photoplethysmograph merupakan perangkat yang digunakan untuk menentukan perubahan volume darah. PPG juga dapat digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Selain itu alat ini dapat mengukur denyut jantung dan dapat mengukur tekanan darah dalam waktu tertentu, dengan mengukur perubahan volume. Pada Tugas Akhir ini direalisasikan Photoplethysmograph (PPG) berbasis LCD. Sensor tersusun atas infrared dan Photodioda yang ditempatkan pada jari tangan. Sinyal yang dipancarkan photdioda diterima oleh infrared. Sinyal yang diterima LED infra berubah-ubah sesuai perubahan volume darah, karena sinyal yang diterima amplitudonya sangat kecil dan mengandung noise maka perlu dikuatkan. Kemudian sinyal analog tersebut diinputkan mikrokontroler. Selanjutnya data dikirim dalam bentuk digital dan ditampilkan LCD. Setelah dilakukan pengujian, perangkat PPG digital yang telah direalisasikan dapat bekerja dengan baik dalam menampilkan grafik sinyal PPG, sinyal sudah bersih dari noise, dapat menghitung detak jantung tiap menit, dan sistem bersifat realtime. Dari hasil pengujian menghitung detak jantung permenit, PPG teruji akurat dengan pembanding denyut nadi perhitungan manual dengan nilai kesalahan 1% – 5,2%. Kata Kunci: Pembuatan Alat Pengukur Denyut Jantung Berbasis Arduino, Photoplethysmograph (PPG)

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSIn 629.89 Rak p-1 • Rakhman, Candra Faisal
Uncontrolled Keywords: Pembuatan Alat Pengukur Denyut Jantung Berbasis Arduino, Photoplethysmograph (PPG),Making Heart Rate Measurement Tool Based on Arduino, Photoplethysmograph (PPG)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Vocational > Instrumentation Engineering
Depositing User: Candra Faisal Rakhman
Date Deposited: 08 Oct 2020 08:21
Last Modified: 20 Nov 2020 01:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82099

Actions (login required)

View Item View Item