Perencanaan Jembatan Brantas Di Mojokerto Menggunakan Metode Beton Prategang Segmental Statis Tak Tentu

Arif, R. Zulqa Nur Rahmat (2014) Perencanaan Jembatan Brantas Di Mojokerto Menggunakan Metode Beton Prategang Segmental Statis Tak Tentu. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3110100118-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3110100118-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pesatnya pertumbuhan ekonomi yang ditandai dengan
semakin berkembangnya industri, pemukiman, pemekaran
wilayah kota menyebabkan semakin meningkatnya kebutuhan
kelancaran Transportasi JalanUtama (Primer) dari sentra bahan
baku dan industry kedaerah Pemasaran. Rencana Pembangunan
JalanTol Kertosono – Mojokerto merupakan Program Pemerintah
untuk mengatasi pertumbuhan lalu lintas di Kabupaten Mojokerto
dan Kabupaten Jombang yang mana Jalan Tol ini akan terhubung
dengan Jalan Tol Surabaya – Mojokerto.
Dalam perencanaannya, tol tersebut membutuhkan
beberapa konstruksi jembatan salah satunya jembatan Brantas di
ruas jalan tol Kertosono-Mojokerto.
Jembatan Brantas ini direncanakan menggunakan struktur
beton pratekan box girder dengan metode balanced cantilever.
Desain existing dari cross section jembatan ini dirasa kurang
efektif dan belum optimal. Oleh karena itu penulis tertarik untuk
merencanakan ulang jembatan tersebut dengan mengoptimalkan
desain cross section untuk mendapatkan hasil yang efisien.
Masalah yang muncul adalah bagaimana mendapatkan desain dari
cross section dan sambungan antar segment untuk menghasilkan
struktur menerus parsial.
Dalam tugas akhir ini, peraturan yang digunakan adalah
SNI T-02-2005. Hasil dari perencanaan ulang ini adalah gambar
akhir rencana dari gelagar jembatan dan struktur bangunan
bawah.
=============================================================================================================
The rapid economic growth that is marked by the
development of industry, settlement, expansion of urban areas
led to the increasing need for the smooth transportation of raw
materials and industrial centers to the area of Marketing.
Kertosono – Mojokerto Highway Development Plan is a
Government program in anticipation of traffic growth in
Mojokerto and Jombang where the toll road will connect with
Surabaya - Mojokerto Highway.
According to the plan, the Surabaya-mojokerto toll
road need some of bridge construction, the brantas bridge is
one of them that located at the kertosono-mojokerto toll
segment.
Brantas bridge is planned using prestressed concrete
box girder structure with balanced cantilever method. Existing
design of the bridge cross section is less effective and not
optimal. Therefore, the authors are interested in re-plan the
bridge by optimizing the design of the bridge cross section to
obtain efficient results. The problem that arises is how to get
the design of the cross section and the joints between the
segments to produce a continuous partial structure.
The code used in this final project are SNI T-02-2005
and SNI T-12-2005. The results of this redesign is the final
drawing of the plan of bridge girder and bridge under
structure.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.2 Ari p 3100014055905
Uncontrolled Keywords: BalokPratekan,box girder, balanced cantilever segmental
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 12 Oct 2020 03:25
Last Modified: 12 Oct 2020 03:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82109

Actions (login required)

View Item View Item