Saravina, Shafira (2014) Rancang Bangun Permainan Ergopoly Berbasis Android Sebagai Media Pengenalan Keilmuan Ergonomi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2510100067-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Aplikasi dari keilmuan Ergonomi merupakan salah satu cara untuk
mencapai efektivitas dan efisiensi dalam kehidupan manusia. Dengan
mengaplikasikan prinsip Ergonomi, manusia dapat terhindar dari kecelakaan dan
meningkatnya kualitas kesehatan. Sehingga sudah sepatutnya prinsip Ergonomi
dipahami dan diimplemetasikan oleh masyarakat secara luas. Namun pada
kenyataannya, masih banyak masyarakat yang belum mengenal prinsip-prinsip
Ergonomi. Penelitian ini merancang sebuah permainan edukasi yang bertujuan
sebagai media pendidikan mengenai pentingnya aplikasi Ilmu Ergonomi dalam
kehidupan kepada masyarakat umum. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan
diantaranya identifikasi aspek edukasi yang ingin disampaikan kepada pengguna,
uji usabilitas kepada 30 responden usia remaja dan pemrograman dalam bentuk
aplikasi android.
Hasil dari penelitian ini berupa permainan edukasi sebagai media
pengenalan pentingnya prinsip Ergonomi kepada masyarakat. Aplikasi ini diberi
nama Ergopoly. Dalam Ergopoly, terdapat skenario berupa pertanyaan sebanyak 15
soal, 15 pernyataan mengenai bahaya serta 10 pernyataan mengenai manfaat
aplikasi prinsip Ergonomi. Dari hasil uji usabilitas yang telah dilakukan, ditemukan
tiga dari empat belas kriteria perlu diperbaiki karena kepuasan yang dicapai tidak
memenuhi tingkat kepentingan yang diinginkan. Kriteria tersebut diantaranya
konten mudah diaplikasikan, penggunaan huruf, dan intensitas terjadi kesalahan
pemilihan button. Sedangkan kriteria dengan nilai kepuasan tertinggi didapatkan
oleh cara permainan yang mudah dipahami dan pemahaman konten permainan.
Data responden menunjukan keseluruhan responden mendapatkan pemahaman
dasar mengenai Ergonomi rata-rata sebesar 60% dalam penggunaan Ergopoly.
====================================================================================================================
Application of Ergonomics is one of the way to achieve maximum
effectiveness and efficiency in daily life or work environment’s activities.
Performing activities by applying Ergonomics may prevent people from accidents
or decreasing health. Therefore, application of Ergonomics should be duly
understood and implemented by the public. However, the most of people still not
recognize principle concepts of Ergonomics. Based on those problems, this
research aims to develop an educational game that is intended as an education tool
about the importance of Ergonomics in life to the public. Stages of the research’s
process involves identifying aspects of education to be conveyed to the user,
usability testing to 30 teenager respondents and programming in the form of
android applications.
The results of this study is educational games as an introduction tool about
importance of basic applications of Ergonomics to the public, which is named
Ergopoly. In ergopoly, there are scenarios in the form of questions in amount of
15, then 15 statements about the dangers and 10 statements concerning the benefit
from applying principle of Ergonomics.From the results of usability testing that has
been done, there are three of the ten criteria that need to be repaired because the
satisfaction rank that is achieved does not meet the desired level of importance.
These criteria include content easy to apply, the use of letters, and the intensity of
the selection button an error occurs. While the criteria with the highest satisfaction
scores obtained by the way the game is easy to grasp and understanding of the
game content. Data from respondents shows the total respondents gain a basic
understanding of Ergonomics in average amount of 60% in the use of Ergopoly.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSI 620.86 Sar r 3100015058445 |
Uncontrolled Keywords: | Ergonomi, media pendidikan, permainan edukasi, uji usabilitas. |
Subjects: | Q Science > QP Physiology > QP34.5 Human engineering |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Yeni Anita Gonti |
Date Deposited: | 16 Oct 2020 02:55 |
Last Modified: | 16 Oct 2020 02:55 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/82141 |
Actions (login required)
View Item |