Rancang Bangun Permainan Ergopoly Berbasis Android Sebagai Media Pengenalan Keilmuan Ergonomi

Saravina, Shafira (2014) Rancang Bangun Permainan Ergopoly Berbasis Android Sebagai Media Pengenalan Keilmuan Ergonomi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2510100067-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Aplikasi dari keilmuan Ergonomi merupakan salah satu cara untuk mencapai efektivitas dan efisiensi dalam kehidupan manusia. Dengan mengaplikasikan prinsip Ergonomi, manusia dapat terhindar dari kecelakaan dan meningkatnya kualitas kesehatan. Sehingga sudah sepatutnya prinsip Ergonomi dipahami dan diimplemetasikan oleh masyarakat secara luas. Namun pada kenyataannya, masih banyak masyarakat yang belum mengenal prinsip-prinsip Ergonomi. Penelitian ini merancang sebuah permainan edukasi yang bertujuan sebagai media pendidikan mengenai pentingnya aplikasi Ilmu Ergonomi dalam kehidupan kepada masyarakat umum. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan diantaranya identifikasi aspek edukasi yang ingin disampaikan kepada pengguna, uji usabilitas kepada 30 responden usia remaja dan pemrograman dalam bentuk aplikasi android. Hasil dari penelitian ini berupa permainan edukasi sebagai media pengenalan pentingnya prinsip Ergonomi kepada masyarakat. Aplikasi ini diberi nama Ergopoly. Dalam Ergopoly, terdapat skenario berupa pertanyaan sebanyak 15 soal, 15 pernyataan mengenai bahaya serta 10 pernyataan mengenai manfaat aplikasi prinsip Ergonomi. Dari hasil uji usabilitas yang telah dilakukan, ditemukan tiga dari empat belas kriteria perlu diperbaiki karena kepuasan yang dicapai tidak memenuhi tingkat kepentingan yang diinginkan. Kriteria tersebut diantaranya konten mudah diaplikasikan, penggunaan huruf, dan intensitas terjadi kesalahan pemilihan button. Sedangkan kriteria dengan nilai kepuasan tertinggi didapatkan oleh cara permainan yang mudah dipahami dan pemahaman konten permainan. Data responden menunjukan keseluruhan responden mendapatkan pemahaman dasar mengenai Ergonomi rata-rata sebesar 60% dalam penggunaan Ergopoly. ==================================================================================================================== Application of Ergonomics is one of the way to achieve maximum effectiveness and efficiency in daily life or work environment’s activities. Performing activities by applying Ergonomics may prevent people from accidents or decreasing health. Therefore, application of Ergonomics should be duly understood and implemented by the public. However, the most of people still not recognize principle concepts of Ergonomics. Based on those problems, this research aims to develop an educational game that is intended as an education tool about the importance of Ergonomics in life to the public. Stages of the research’s process involves identifying aspects of education to be conveyed to the user, usability testing to 30 teenager respondents and programming in the form of android applications. The results of this study is educational games as an introduction tool about importance of basic applications of Ergonomics to the public, which is named Ergopoly. In ergopoly, there are scenarios in the form of questions in amount of 15, then 15 statements about the dangers and 10 statements concerning the benefit from applying principle of Ergonomics.From the results of usability testing that has been done, there are three of the ten criteria that need to be repaired because the satisfaction rank that is achieved does not meet the desired level of importance. These criteria include content easy to apply, the use of letters, and the intensity of the selection button an error occurs. While the criteria with the highest satisfaction scores obtained by the way the game is easy to grasp and understanding of the game content. Data from respondents shows the total respondents gain a basic understanding of Ergonomics in average amount of 60% in the use of Ergopoly.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 620.86 Sar r 3100015058445
Uncontrolled Keywords: Ergonomi, media pendidikan, permainan edukasi, uji usabilitas.
Subjects: Q Science > QP Physiology > QP34.5 Human engineering
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:55
Last Modified: 16 Oct 2020 02:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82141

Actions (login required)

View Item View Item