PERAMALAN PENJUALAN BATIK DI PT. “X” MENGGUNAKAN METODE MOVING AVERAGE,ARIMA BOX-JENKINS DAN REGRESI TIME SERIES DENGAN VARIASI KALENDER

MUSTOFA, REZA (2016) PERAMALAN PENJUALAN BATIK DI PT. “X” MENGGUNAKAN METODE MOVING AVERAGE,ARIMA BOX-JENKINS DAN REGRESI TIME SERIES DENGAN VARIASI KALENDER. In: Final Assignment, June 2016, DEPARTEMENT OF STATISTICS. Faculty of Mathematics and Natural Science.

[img]
Preview
Text
1313030060-Presentation.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview

Abstract

PT. “X” merupakan salah satu perusahaan batik yang berada di Kabupaten Sukoharjo. PT. “X” mengirimkan produk-produk berkualitas dunia ke pasar internasional, ke lebih dari 20 negara di 5 benua, dan juga ke pasar domestik. Penjualan baju batik pada setiap tahunnya berbeda-beda. Ini membuat PT. “X” yang menjual kain batik harus mempersiapkan bahan baku dengan stok yang banyak demi memenuhi kebutuhan konsumen. Untuk meramalkan pembelian yang terjadi pada bulan-bulan berikutnya, maka perlu dilakukan analisis menggunakan regresi time series untuk mengetahui adanya efek kalender variasi yang akan dibandingkan dengan metode ARIMA dan Moving Average. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penjualan yang berasal dari PT. “X” mulai Januari 2010 sampai Desember 2015. Model yang cocok digunakan untuk meramalkan penjualan kain batik di PT.”X” menggunakan metode Motode Moving Average berorde 14.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: ARIMA, Regresi Time Series, Moving Average, Penjualan Kain Batik, Time Series Regression, Selling Batik Cloth
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > Economic forecasting--Mathematical models.
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (D3) Diploma
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 23 Nov 2016 04:46
Last Modified: 17 Dec 2018 08:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item View Item