Monitoring Konsumsi Bahan Bakar Dan Estimasi Emisi Gas Buang Berdasarkan Kinerja Kapal Menggunakan Data Automatic Identification System (Ais) Untuk Menghitung Energi Effisiensi Operasional Index

Wijaya, Al Taqna Adam (2020) Monitoring Konsumsi Bahan Bakar Dan Estimasi Emisi Gas Buang Berdasarkan Kinerja Kapal Menggunakan Data Automatic Identification System (Ais) Untuk Menghitung Energi Effisiensi Operasional Index. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211850010007 - Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211850010007 - Master_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya jumlah kapal laut berdampak pada peningkatan jumlah konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang dihasilkan kapal ketika beroperasi. Analisa IEA dan ICCT menunjukkan jumlah emisi dan konsumsi tahun 2007 hingga 2015 relatif mengalami peningkatan. Emisi gas buang kapal menjadi salah satu sumber utama pencemaran lingkungan laut. Polutan yang berasal dari emisi kapal yang memiliki CO, Nox, HC, SO2 dan CO2 yang tinggi, bahkan polutan belerang dapat mengakibatkan risiko terganggunya sistem kesehatan manusia. Oleh karena itu dibutuhkan teknologi monitoring yang digunakan oleh user atau operator untuk memastikan bahwa kapal beroperasi secara efisien. Sistem monitoring yang terintegrasi diharapkan dapat melaporkan informasi seperti konsumsi bahan bakar, emisi serta EEOI yang dihasilkan oleh kapal. Algoritma yang dikembangkan dalam kajian ini menggunakan rumusan empiris Metode Holtrop (untuk dasar perhitungan tahanan) dan Metode Stawave (untuk perhitungan tahanan angin, gelombang, perubahan draft serta sifat air) yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP script. Bahasa pemrograman ini nantinya diharapkan menjadi dasar pengembangan pada interface suatu program untuk memunculkan data monitoring bahan bakar, EEOI serta emisi secara real time pada setiap kapal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Monitoring Bahan Bakar, Emisi, EEOI, Holtrop, Stawave
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174 Technological forecasting
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD890 Global Environmental Monitoring System
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36101-(S2) Master Theses
Depositing User: Al Taqna Adam Wijaya
Date Deposited: 20 Nov 2020 05:53
Last Modified: 18 Jan 2024 06:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82270

Actions (login required)

View Item View Item