Analisis Penilaian Kerusakan Jalan dan Perbaikan Perkerasan pada Jalan Raya Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik

Nashruddin, Akhmad Zadhi (2021) Analisis Penilaian Kerusakan Jalan dan Perbaikan Perkerasan pada Jalan Raya Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111740000030-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111740000030-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Raya Roomo di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik merupakan salah satu jalan yang termasuk dalam kategori kelas fungsi jalan arteri nasional. Jalan sepanjang 1,9 km ini merupakan jalan penghubung antara Pelabuhan Gresik menuju jaringan jalan tol, sebagai pengganti Jalan Harun Thohir yang sudah dilakukan pemasangan portal akibat terjadinya kerusakan pada tahun 2018. Beberapa kerusakan yang terjadi pada Jalan Raya Roomo anjtara lain lubang, retak halus, alur, dan kerusakan lain. Selain itu sistem drainase yang buruk menyebabkan air hujan tidak dapat mengalir dengan lancar ketika terjadi hujan.
Kerusakan jalan tersebut dianalisa menggunakan 3 (tiga) metode, yaitu metode Bina Marga yang dilakukan per segmen 100 meter dengan hasil akhir berupa urutan prioritas, metode PCI (Pavement Condition Index) yang dilakukan per segmen 100 meter dengan hasil akhir berupa nilai PCI, dan metode Indrasurya dan Dirgolaksono (1990) yang dilakukan per segmen 250 meter dengan hasil akhir berupa nilai kondisi jalan. Ketiga metode tersebut dilakukan dengan cara survei visual langsung ke lapangan. Kemudian dilakukan perbandingan yang selanjutnya dapat diketahui penanganan kerusakannya. Selanjutnya dilakukan juga perbaikan perkerasan dengan dipilih tipikal perkerasan lentur, dengan menggunakan metode Bina Marga 2017 dan digunakan usia rencana 20 tahun.
Dari hasil analisis diatas, didapatkan bahwa terjadi perbedaan hasil antara ketiga metode penilaian kerusakan jalan. Kemudian didapatkan jenis penanganan kerusakannya berupa pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, serta peningkatan jalan. Untuk peningkatan jalan, dilakukan dengan 2 cara. Yang pertama, penambahan tebal lapis tambah (overlay) dengan tebal lapis AC-BC 90 mm dan AC-WC 50 mm. Yang kedua, perbaikan perkerasan dengan didapatkan perkerasan lentur dengan tebal lapis agregat kelas A 150 mm, CTB 150 mm, AC Base 160 mm, AC-BC 60 mm, dan AC-WC 50 mm. Kemudian didapatkan total rencana anggaran biaya dengan penanganan overlay sebesar Rp. 914.990.000,- dan dengan perencanaan ulang perkerasan lentur sebesar Rp. 4.318.144.000,-
======================================================================================================
Roomo Street in Manyar Subdistrict, Gresik District, is one of the roads that belong into the category of national arterial road function class. This 1,9 km long road is the link between Gresik Port to the toll road network, instead of Harun Thohir Road which has been carried out by the portal due to damage in 2018. Some of the damage that occurrs on the Roomo Street include; potholes, hair cracks, roots, and other damage. Moreover, the bad drainage system causes rainwater can not flow smoothly when the rain occurs.
This road damage is analyzed using 3 (three) methods, namely the Bina Marga method is carried out per 100 meter segment with the final result is priority order values. the PCI (Pavement Condition Index) method is carried out per 100 meter segment with the final result is PCI value, and the Indrasurya and Dirgolaksono method is carried out per 100 meter segment with the final result is road condition value. These three methods are done by surveying the visual directly into the field. Later, a comparison can be known to handle the damage. Furthermore, pavement improvement is also done by selecting the type of flexible pavement, using the method of Bina Marga 2017 with a planned age of 20 years.
Based on data analysis, there were differences in the result between the three methods of road damage analysis. Then, get the types of damage handling which consists of routine maintenance, periodic maintenance, and pavement improvement. For road improvement, it can be done in 2 ways. The first, by the addition of overlay thickness with AC-BC 90 mm and AC-WC 50 mm. The second, by pavement improved is carried out using flexible pavements with a layer thickness of aggregate class A 150 mm, CTB 150 mm, AC Base 160 mm, AC-BC 60 mm, and AC-WC 50 mm. Then, total budget cost with overlay handling are Rp. 914.990.000- and with pavement improved by flexible pavement are Rp. 4.318.144.000,-

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bina Marga, PCI, Indrasurya dan Dirgolaksono, penanganan kerusakan, karakteristik lalu lintas, overlay, perkerasan lentur, analisis biaya Bina Marga, PCI, Indrasurya and Dirgolaksono, damage handling, traffic characteristics, overlay, flexible pavement, cost analysis
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Akhmad Zadhi Nashruddin
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:39
Last Modified: 22 Feb 2021 04:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82693

Actions (login required)

View Item View Item