Rekonfigurasi Jaringan Distribusi Primer Pt. Pln (Persero) Ulp Taman Menggunakan Selective Particle Swarm Optimization Untuk Mengurangi Rugi-Rugi Daya Jaringan Distribusi

Reriya Sakti, Audi Tomy and Wibowo, Rony Seto and Suryoatmojo, Heri (2021) Rekonfigurasi Jaringan Distribusi Primer Pt. Pln (Persero) Ulp Taman Menggunakan Selective Particle Swarm Optimization Untuk Mengurangi Rugi-Rugi Daya Jaringan Distribusi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Buku Tugas Akhir.pdf] Text
Buku Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rekonfigurasi sistem jaringan distribusi perlu dilakukan selaras dengan perkembangan permintaan layanan listrik yang ada. Rekonfigurasi bertujuan untuk meningkatkan efisiensi jaringan distribusi, dimana diharapkan nilai kerugian daya minimal. Rekonfigurasi jaringan distribusi dilakukan dengan mengatur ulang konfigurasi jaringan dengan pengontrolan buka tutup dari switch-switch yang terpasang pada tiap penyulang.

Pada penelitian tugas akhir ini dilakukan rekonfigurasi sistem jaringan distribusi 20 kV ULP Taman pada penyulang Kemendung, Plumbungan, Iwatani, dan Purnomo Sejati II. Rekonfigurasi jaringan menggunakan metode Selective Particle Swarm Optimization (SPSO) untuk mendapatkan konfigurasi jaringan paling optimal dengan rugi daya minimal. Setelah dilakukan rekonfigurasi jaringan distribusi primer, hasilnya dalam hal ini rugi-rugi daya yang terjadi dibandingkan antara sesudah dengan sebelum dilakukan rekonfigurasi jaringan. Didapatkan bahwa setelah dilakukan rekonfigurasi, terjadi penurunan rugi-rugi sebesar hingga 56,176% atau 126,3852 kW dan peningkatan tegangan minimum hingga 0,04028 p.u. atau 0,8056 kV. Dari hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat membantu PT. PLN (Persero) ULP Taman Surabaya Barat untuk mengurangi rugi – rugi daya pada jaringan distribusi primer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Audi Tomy Reriya Sakti Sakti
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:31
Last Modified: 24 Feb 2021 02:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82711

Actions (login required)

View Item View Item