Deteksi Kerusakan Hubung Singkat Antar Belitan Impedansi Tinggi Stator Brushless DC Motor (BLDC) Menggunakan Tes Surja

Rabbani, Julian Moslem (2021) Deteksi Kerusakan Hubung Singkat Antar Belitan Impedansi Tinggi Stator Brushless DC Motor (BLDC) Menggunakan Tes Surja. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111640000134-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07111640000134-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Gangguan-gangguan yang mungkin terjadi pada motor salah satunya adalah gangguan arus lebih yang diakibatkan oleh arus hubung singkat. Gangguan hubung singkat tersebut sebagian besar disebabkan oleh kerusakan kegagalan bearing dan kegagalan isolasi stator[1]. Pengujian surja merupakan salah satu metode efektif yang digunakan untuk penelitian ini guna mengetahui kondisi motor BLDC. Objek penelitian kali ini berfokus pada bagian stator antar belitan (line to line) motor BLDC yaitu pada fase A-B, A-C dan B-C dengan kondisi short secara langsung dan juga short tidak langsung, dengan kata lain terjadi hubung singkat bisa terjadi dikarenakan terhubung oleh debu atau benda asing lainnya. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui nilai ambang kerusakan (threshold) pada belitan motor BLDC sebelum terjadi kerusakan. Pengambilan data untuk menganalisis motor BLDC dilakukan dengan menggunakan modul surja yang berupa Verivolt Entube DE-HB, voltage multiplier(Cockroft Walton), Variable Transformer(autotrafo), mikrokontroler untuk mengatur switch dan rangkaian tes surja. Pengujian dilakukan untuk mendapatkan data gelombang referensi dan gelombang fault yang akan dijadikan sampel dalam studi ini. Hasil data gelombang referensi dan gelombang fault yang didapatkan dari pengujian akan dianalisis menggunakan metode Error Area Ratio (EAR). Penelitian ini mencantumkan hasil data dengan kondisi fault yang berbeda-beda dari kondisi short (bernilai 0Ω) sampai dengan menggunakan bernilai impedansi tinggi (bernilai 1kΩ), sehingga kondisi motor BLDC mendekati normal dengan nilai threshold EAR di bawah 15% sesuai rekomendasi Baker.
Kata Kunci : Tes Surja, Motor BLDC, Error Area Ratio (EAR)
=========================================================
The faults that may occur in the motor, which one is an overcurrent fault that can be caused by short-circuit current. The short circuit is mostly caused by bearing failure and stator insulation failure[1]. Surge test is an effective method used for this study to determine the condition of the BLDC motor. The object of this research focuses on the stator section between the windings (line to line) of the BLDC motor, which is at the A-B, A-C and B-C phase with a direct short and also an indirect short, in other words a short circuit occurs because it is connected by dust or other foreign objects. This test aims to determine the threshold value of the BLDC motor windings before the damage occurs. Data were collected to analyze the BLDC motor using a surge module in the form of a Verivolt Entube DE-HB, a voltage multiplier (Cockroft Walton), a Variable Transformer (autotrafo), a microcontroller to control switch and a series of surge tests. Tests are carried out to obtain reference waves data and fault waves to be sampled in this study. The results of reference waves and fault waves data obtained from the test will be analyzed using the Error Area Ratio (EAR) method. This study lists the results of data with different fault conditions from short conditions (0Ω value) to high impedance values (1kΩ value), so the condition of BLDC motor is close to normal with an EAR value threshold below 15% according to Baker's recommendation.
Keywords : Surge Test, BLDC Motor, Error Area Ratio (EAR)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tes Surja, Motor BLDC, Error Area Ratio (EAR), Surge Test, BLDC Motor, Error Area Ratio (EAR)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2681.O85 Electric motors, Brushless.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4055 Electric motor
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Julian Moslem Rabbani
Date Deposited: 24 Feb 2021 08:50
Last Modified: 24 Feb 2021 08:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82779

Actions (login required)

View Item View Item