Evaluasi Koordinasi Proteksi pada Sistem Kelistrikan PT. Pertamina RU II Dumai Akibat Integrasi dengan Jaringan PT. PLN

Pardede, Victor Bramson (2021) Evaluasi Koordinasi Proteksi pada Sistem Kelistrikan PT. Pertamina RU II Dumai Akibat Integrasi dengan Jaringan PT. PLN. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111640000064-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07111640000064-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT. Pertamina RU II Dumai adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan minyak dan gas bumi. Dalam perjalanannya, PT. Pertamina RU II Dumai berencana untuk melakukan integrasi sistem kelistrikan terhadap jaringan PT. PLN untuk memenuhi kebutuhan listriknya. Dengan adanya pengintegrasian ini, keamanan sistem kelistrikan juga harus diperhitungkan. Keamanan pada sistem kelistrikan industri bertujuan untuk mengurangi atau memperkecil kemungkinan kerusakan peralatan akibat adanya gangguan yang dapat terjadi. Proteksi pada sistem kelistrikan dapat diatur dengan menggunakan rele proteksi. Pada praktiknya, kinerja pengamanan juga harus berdasarkan koordinasi yang tepat. Pada tugas akhir ini akan dibahas mengenai evaluasi koordinasi proteksi pada PT. Pertamina RU II Dumai akibat integrasi dengan jaringan PT. PLN. Koordinasi yang akan dievaluasi dalam tugas akhir ini adalah rele arus lebih gangguan fasa dan gangguan tanah. Setting yang diperoleh akan disimulasikan pada software ETAP 12.6.0.
Pembimbing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Victor Bramson Pardede
Date Deposited: 26 Feb 2021 08:52
Last Modified: 26 Feb 2021 08:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/82931

Actions (login required)

View Item View Item